Begini Caranya Atur Uang Jadi Menyenangkan

Oleh Fitriana Monica Sari pada 23 Agu 2018, 08:01 WIB
Diperbarui 25 Agu 2018, 07:13 WIB
Amankan Gaji Anda dengan 4 Tips Berikut

Liputan6.com, Jakarta - Anggaran yang dilakukan dengan baik adalah alat yang paling tepat dan berguna untuk menganalisis keuangan Anda, tetapi justru begitu sering anggaran Anda tidak berfungsi, tidak menginspirasi, dan Anda malah belanja berlebihan dan kehilangan kendali atas arus kas Anda.

Secara teoritis, penganggaran memungkinkan Anda untuk melihat di mana kebocoran keuangan saat Anda membelanjakan lebih dari yang Anda hasilkan. Dengan melihat hasilnya, Anda dapat mengubah dan memprioritaskan apa yang perlu dilakukan dengan uang Anda, dan langkah-langkah penting apa yang perlu Anda ambil untuk menuju kesehatan finansial.

Berikut ini tiga cara teratas untuk membuat anggaran menjadi menyenangkan dan sukses, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Temukan motivasi Anda

Tanpa motivasi, berpegang pada anggaran tidak mungkin. Sangat penting untuk menguraikan dengan tepat mengapa Anda mencoba untuk menganggarkan. Misalnya, jika Anda berutang, maka alasannya jelas, Anda ingin membebaskan diri dari beban finansial dan emosional.

Jika Anda mencoba untuk menghemat uang, tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda harus melakukan itu. Apakah karena Anda ingin menyimpan pada saat Anda berkeluarga? Apakah Anda ingin mempunyai mobil yang mewah? Atau Anda menabung sehingga Anda dapat pensiun dini? Mengetahui tujuan Anda akan membuat Anda tetap berpegang pada anggaran Anda, jadi pastikan untuk mengetahui apa alasan Anda.

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

2 of 3

2. Temukan teman

Ilustrasi teman - sahabat - rekan kerja (iStock)
Ilustrasi teman - sahabat - rekan kerja (iStockphoto)

Untuk tujuan penganggaran, Anda dapat memperbarui setiap minggu dari total pengeluaran Anda dan mendiskusikan bagaimana Anda dapat menghemat uang. Bagaimana dengan menetapkan tujuan bersama dan saling mendorong satu sama lain? Bukankah lebih baik memiliki teman? Anda bahkan dapat memulai grup untuk mereka yang bekerja di keuangan pribadi.

Penting untuk mendorong bahwa Anda tidak sendirian dan sangat baik untuk mempelajari kiat-kiat yang telah dicoba dan diuji dari rekan-rekan Anda.

Jika Anda tidak punya waktu untuk menghadiri atau mengadakan pertemuan semacam itu, ada banyak komunitas online di mana Anda dapat bertemu dengan orang lain yang mencoba menganggarkan uang mereka ke masa depan yang lebih baik. Ketika Anda kekurangan uang, anggaran yang ketat adalah alat terbaik untuk menemukan stabilitas keuangan.

3 of 3

3. Hadiahi diri Anda

Bahagia - stres (iStockphoto)
Ilustrasi bahagia - stres (iStockphoto)

Dengan menetapkan sasaran yang dapat dikelola, Anda memiliki sesuatu yang nyata untuk dibidik, dan akan memiliki rasa pencapaian nyata ketika Anda sampai di sana. Ini berarti Anda dapat menghadiahi diri sendiri dan memiliki sesuatu untuk diharapkan. Anggap saja itu sebagai apresiasi terhadap diri sendiri karena telah berhasil dalam menjalankan sebuah misi.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by