Sukses

7 Miliarder Ini Ogah Beri Warisan ke Anak

Para hartawan ini menganggap memberikan warisan pada anak-anak mereka justru bukan hal baik.

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata tidak semua miliarder mau meninggalkan uang pada anak-anak mereka. Mereka justru memilih memakai harta mereka untuk badan amal.

Ambil contoh Mark Zuckerberg yang memilih menyumbangkan 99 persen hartanya ke badan amal. Ada pula Andrew Lloyd Webber yang lebih tertarik memakai harta warisan miliknya untuk proyek musikal.

Kebanyakan dari para miliarder berikut memilih menyumbangkan harta mereka ke badan amal, atau tujuan lainnya agar berguna bagi masyarakat luas.

Dikutip dari Business Insider, Rabu (15/8/2018), berikut para hartawan yang ogah mewariskan uang ke anak-anak mereka:

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

7. Andrew Lloyd Webber

Nama Andrew Lloyd Webber terkenal di dunia pentas musikal. Ia adalah komposer di balik Tha Phantom of the Opera dan Cats. Namanya pun tidak asing di West End dan Broadway.

Webber berkata tidak ingin mewariskan kekayaannya pada anak-anaknya. Ia pun mengaku anak-anaknya tidak terganggu akan hal tersebut. Ia memilih menyumbangkan hartanya senilai USD 1,2 miliar (Rp 17 triliun, 1 USD = 14.572) untuk proyek musikal.

3 dari 8 halaman

6. George Lucas

Ayah dari Star Wars dan Indiana Jones ini memiliki harta sebesar USD 5,3 miliar (Rp 77,3 miliar) setelah menjual Star Wars ke Disney. Lucas mempunyai empat anak, tiga anak adopsi, dan dikarunai seorang putri dari pernikahan keduanya.

Namun, seorang juru bicara Lucas berkata bahwa mayoritas uangnya akan disalurkan untuk proyek-proek filantropis. George Lucas Educational Foundation juga didirikan untuk mendukung pendidikan anak-anak.

4 dari 8 halaman

5. Pierre Omidyar

Alasan Pierre Omidyar untuk tidak mewariskan pada anak-anaknya bukan semata tidak ingin memanjakan saja. Menurutnya, ia telah memiliki cukup uang untuk keluarganya.

Total harta pendiri eBay ini terbilang fantastis, yakni di kisaran USD 1 miliar (Rp 147 triliun). Pada tahun 2010, ia menandatangani Giving Pledge, sebuah kampanye yang dibuat Warren Buffett dan suami-istri Gates untuk menarik orang super kaya untuk mendonasikan harta-harta mereka untuk aktivitas sosial.

5 dari 8 halaman

4. Michael Bloomberg

Orang terkaya ke-11 versi Forbes ini memiliki harta USD 47,1 miliar (Rp 687,3 miliar). Ia secara terang-terangan berkata ingin menyumbangkan seluruh kekayaannya sebelum mati.

Mayoritas hartanya akan disalurkan ke Bloommberg Philanthropies. Kedua putri Bloomberg juga bekerja di ranah filantropis.

6 dari 8 halaman

3. Mark Zuckerberg

Ketika putri pertama Mark Zuckerberg lahir, ia dan istrinya berjanji akan mendonasikan 99 persen warisannya ke badan amal. Hal itu ia umumkan di Facebook bersama istrinya, Priscilla Chan.

Pasangan Zuckerberg meluncurkan Chan-Zuckerberg Initiative (CZI) yang berujuan memajukan potensi manusia dan kesempatan yang setara. Zuckerberg dikarunia dua orang putri, Maxima dan August.

 

7 dari 8 halaman

2. Warren Buffett

Baru-baru ini, harta Warren Buffett sempat merosot karena kerap memberi sumbangan. Buffett memang tidak meninggalkan sepeser pun untuk anak-anaknya, tapi ia memberikan saham di Berkshire Hathaway untuk badan amal milik anak-anaknya.

Mayoritas harta Buffett akan disumbangkan ke Bill and Melinda Gates Foundation. Sejumlah hartanya juga akan diberikan pada Susan Thompson Buffett Foundation yang ia dirikan bersama mendiang istri pertamanya.

8 dari 8 halaman

1. Bill Gates

Seperti para miliarder kaya lainnya, Bill Gates turut doyan menyumbangkan hartanya. Tentunya itu tidak sulit mengingat hartanya mencapai USD 96,3 miliar (Rp 1.405 triliun).

Sulit untuk menjabarkan satu per satu hasil kedermawanan Bill Gates dan istrinya. Yang jelas, menurutnya ia tidak akan meninggalkan banyak harta ke anak-anak mereka. Menurutnya, hal itu malah bisa merugikan anak-anaknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • warisan