Sukses

10 Bisnis Online Bermodal Minim untuk Anak Milenial

Sebagai generasi muda yang melek teknologi, Anda bisa menjalankan bisnis online dengan modal minim. Lihat rekomendasinya di sini!

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan era digital sangat lekat dengan generasi milenial. Hal ini bisa dibuktikan dengan sosial media yang sebagian besar diramaikan oleh para generasi milenial, baik itu Twitter, Facebook, Path, hingga Instagram.

Sayangnya, kita selalu berada di posisi orang yang mengonsumsi teknologi, bukan orang yang memanfaatkan teknologi. Padahal, kemajuan teknologi yang dimanfaatkan dengan baik ini bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah yang jumlahnya tak bisa Anda bayangkan sebelumnya. Oleh karena itu, bagaimana kalau mulai sekarang Anda mencoba untuk menjalankan bisnis online?

Ada banyak ide bisnis online yang bisa dilakukan oleh para generasi milenial. Tapi kebanyakan membutuhkan dana modal yang cukup lumayan.

HaloMoney.co.id punya 10 rekomendasi ide bisnis online tanpa modal dana yang bisa dipilih. Anda cukup menyediakan laptop atau komputer, internet, dan pastinya skill atau kemampuan yang Anda kuasai. Ini rekomendasinya!

1. Jadi dropshipper

Ide bisnis online yang pertama adalah menjadi drophipper. Banyak orang yang menyamakan dropshipper dengan reseller. Padahal keduanya ini berbeda. Kalau Anda menjadi reseller, pastinya Anda butuh modal untuk membeli barang dagangan terlebih dahulu, tapi kalau Anda menjadi dropshipper, Anda tak perlu modal untuk membeli barang dagangan.

Sistemnya seperti ini, Anda menjual pakaian milik distributor kepada pembeli, nanti kalau pembeli jadi membeli pakaian tersebut dan sudah membayar kepadamu, pakaian tersebut akan dikirim oleh distributor atas nama dirimu kepada pembeli setelah Anda melakukan pembayaran kepada distributor. Jadi Anda tak perlu keluar modal terlebih dahulu untuk membeli pakaian tersebut. Untung yang didapat adalah dari selisih harga yang Anda cantumkan pada harga yang ada pada toko online-mu sendiri.

Baca juga: Kartu kredit syarat gaji kecil untuk para milenial

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jasa desain grafis

Buat yang suka mendesain, Anda bisa menjalankan ide bisnis online jasa desain grafis yang mengandalkan kreativitas, imajinasi, dan seni. Jasa desain grafis yang diberikan bisa berupa jasa pembuatan logo, banner, poster, kemasan, kartu nama, kartu undangan pernikahan, dan lain sebagainya. Ada banyak bukan jasa desain yang bisa Anda tawarkan?

Untuk menarik banyak minat pelanggan, Anda harus membuat portofolio terlebih dahulu agar calon pelanggan bisa melihat sejauh mana kemampuanmu mendesain. Unggah portofolio di Instagram pribadi agar banyak orang yang bisa melihat karyamu.

3. Jasa pembuatan website

Punya kemampuan membuat website? Manfaatkan kemampuanmu tersebut sebagai ide bisnis online untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Anda bisa menawarkan untuk membuat website e-commerce, toko online, atau perusahaan.

Skill membuat website memang terbilang cukup tinggi. Jika Anda belum terlalu mahir untuk mengambil proyek besar, Anda bisa memulai dari proyek kecil terlebih dahulu seperti jasa membuat blog seperti blogger atau wordpress yang lebih ringan dan mudah dioperasikan.

3 dari 4 halaman

4. Jasa affiliate marketing

Pernah mendengar affiliate marketing? Affiliate marketing ini merupakan orang yang membantu mempromosikan sebuah produk atau jasa, bisa milik orang lain ataupun perusahaan ternama.

Caranya adalah dengan me-review, baik itu review lewat video atau tulisan melalui blog pribadi atau website serta sosial media milikmu. Nantinya, Anda bisa mendapatkan uang komisi dari hasil promosi tersebut.

5. Jual foto

Jika dijalani dengan tekun, hobi seseorang bisa menjadi ladang bisnis yang sangat menjanjikan. Contohnya saja hobi fotografi.

Jika Anda bisa membidik foto yang apik dan menarik, Anda bisa menjual hasil fotomu tersebut di beberapa website yang khusus menjual foto seperti shutterstock.com, istockphotos.com, dreamstime.com, dan lain sebagainya.

Usahakan untuk selalu mencaritahu foto apa yang banyak diinginkan dan dibutuhkan oleh masyarakat karena tingkat permintaannya pasti lebih tinggi.

Baca juga: Kartu kredit terbaik 2018 dari berbagai bank

4 dari 4 halaman

6. Bisnis paket wisata

Bisnis travel di Indonesia memang sangat laku keras, baik itu yang menawarkan wisata dalam negeri maupun luar negeri. Biasanya agen travel akan menawarkan paket wisata 3 hari 2 malam atau 5 hari 4 malam sehingga harganya jadi lebih murah.

Nah, Anda bisa menjadikan bisnis travel ini sebagai ide bisnis online. Tawarkan paket wisata yang sesuai dengan tren atau yang sesuai dengan kepribadian calon pelanggan Anda. Gandeng beberapa perusahaan travel untuk dapat menjalankan bisnis paket wisata ini.

Itulah enam bisnis online modal ringan untuk para millennial. Bisnis ketujuh dan seterusnya dapat Anda baca di blog HaloMoney.co.id. Selalu gunakan HaloMoney.co.id untuk mengajukan kartu kredit, pinjaman tanpa agunan dan asuransi terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.