Sukses

Miliarder Ini Donasi Rp 14 Miliar untuk Guru Sekolah Negeri

Miliarder ini hobi mengucurkan uang untuk berbagai proyek sosial.

Liputan6.com, San Fransisco - Miliarder Craig Newmark, pendiri dari situs Craiglist, memberikan donasi sebesar 1 juta dolar atau setara Rp 14,59 miliar (USD 1 = Rp 14.599) kepada para guru sekolah negeri. Sumbangan itu dikhususkan untuk guru STEM (Science, Technology, Engineering, Math).

Dilansir Fortune,  Kamis (16/8/2018) Newmark menyiapkan sumbangannya senilai USD 850 ribu, atau setara Rp 12,4 miliar diarahkan pada sekolah yang setengah muridnya berasal dari keluarga berpendapatan rendah.

Lebih lanjut, sebanyak USD 100 ribu atau 1,4 miliar akan ditujukan pada proyek STEM yang melibatkan anak-anak perempuan yang kekurangan dana finansial. USD 50 ribu sisanya akan dipertandingkan di Twitter lewat tagar #STEMStories.

Menurut data Forbes, Newmark memiliki harta sebesar USD 1,7 miliar atau setara Rp 24,8 miliar. Sejak 2015, ia membangun Craig Newmark Philanthropies, untuk membantu veteran, jurnalisme, wanita di teknologi, dan pelindungan voter.

Tahun sebelumnya, sang miliarder memberi donasi USD 1 juta juga untuk proyek-proyet terkait keluarga militer. Usahanya berhasil membantu 1.800 guru dan ratusan ribu murid.

Awal tahun ini saja, yayasan yang ia bangun memberi donasi USD 20 juta (Rp 291 miliar) kepada sekolah jurnalisme di New York. Sekolah itu pun berganti nama jadi Craig Newmark Graduate School of Journalism.

Craig Newmark membangun situs Craiglist pada 1995. Pada situs serbaguna itu, penduduk di tiap kota AS bisa menampilkan bermacam iklan, mulai dari pekerjaan, bahkan pemberitahuan saat menemukan dompet orang.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sumbang Rp 48 Triliun, Kekayaan Warren Buffett Merosot

Miliarder lain yang juga doyan menyumbang uang adalah Warren Buffett. Ia baru-baru ini menyumbangkan total saham sebesar USD 3,4 miliar atau setara Rp 49,5 triliun (kurs: USD 1= Rp 14.577) untuk lima yayasan.

Dilansir dari Reuters, porsi terbesar sumbangan itu diberikan ke Gates Foundation milik Bill Gates dan istrinya, kemudian untuk Susan Thompson Buffett Foundation (yayasan Buffett yang memakai nama mendiang istrinya) dan tiga yayasan lain yang dikelola tiga anaknya.

Sumbangan Buffett berupa 17,7 juta lembar saham Berkshire Hathaway seharga USD 192 tiap lembarnya. Dengan sumbangan ini, posisi Buffett sebagai miliarder terkaya turun ke peringkat empat dengan jumlah harta USD 79,2 miliar.

Kekayaan Buffett seperti tidak kunjung habis. Tahun lalu ia juga menyumbangkan puluhan triliun. Bila ditotalkan, pria 87 tahun itu sudah menyumbangkan uang lebih dari Rp 400 triliun sejak 2006.

Investor yang dijuluki Penyihir dari Omaha ini masih aktif memperhatikan dinamika pasar modal. Contohnya, belakangan ini ia menekankan jangan investasi di bitcoin karena sama saja dengan berjudi.

Warren Buffett memperoleh hartanya dari bisnis Berkshire Hathaway yang memiliki kepemilikan di berbagai sektor, mulai dari makanan, perhiasan, keuangan, sampai penerbangan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Donasi

  • Stem