Sukses

Cek Harga Kurban di Pasar Kambing Tanah Abang

Pasar Kambing di Tanah Abang merupakan pusat kurban di Jakarta Pusat. Berapa harga yang dipatok?

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Idul Adha, para pedagang kurban mulai menghiasi Jakarta. Ada pedagang yang musiman, ada yang sudah turun-temurun.

Liputan6.com menemui salah satu pedagang kurban turun-temurun yang sudah terkenal di daerah Tanah Abang, yaitu Pasar Kambing. Berapa harga kambing di sana?

"Paling murah Rp 2 juta, bisa Rp 8 juta (super). Tapi enggak harus, ya. Bisa kurang, tergantung pembeli," jelas Haji M. Fatih (71) pada Selasa (14/8/2018).

Di tempatnya berbisnis yang berlokasi di Jalan Sabeni, kambing ukuran sedang dipatok sekitar Rp 4 sampai Rp 5 juta. Sementara yang Rp 8 juta adalah yang termasuk kategori super.

Pedagang lain, Aan (62) menyampaikan hal senada. Ia menambahkan harga yang dijual di Pasar Kambing Tanah Abang relatif murah.

Kambing di Pasar Tanah Abang, kisaran harga Rp 4 juta. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

"Murah, relatif ukurannya, relatif harganya, dari Rp 2 juta sampai ke atas, Rp 5 jutaan (sedang)," ucap Aan yang masih adik dari H. Fatih.

Harga sapi

Beralih ke harga sapi, Fatih memberikan tips menghitung harga plafon, yakni harga kambing dikalikan tujuh.

"Kalau sapi itu menurut harga kambing. Kalau dulu, misalnya kambing Rp 2 juta, kali tujuh. Sekarang paling rendah saya dengar Rp 3 juta tiga dikali tujuh, jadi Rp 21 juta," ujarnya. Lebih lanjut, sapi ukuran sedang dijual di kisaran Rp 28 juta, dan di Pasar Kambing ada sapi yang laku sampai Rp 40 juta.

H. Fatih mengatakan Tanah Abang sudah lama menjadi pusat perdagangan kurban. Ia bercerita, Pasar Kambing sudah beroperasi sekitar 30 tahun, dulu di daerah pasar Tanah Abang, kemudian pindah ke Jalan Sabeni.

Pelanggannya pun tidak hanya dari Jakarta. Banyak pendatang yang turut mengunjungi Pasar Kambing karena banyaknya pilihan yang tersedia.

"Komplit dari kecil sampai super. Orang kebanyakan kemari, walaupun pendatang, karena di sini termasuk pusatnya di Jakarta Pusat," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Beli di Pinggir Jalan

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, Pasar Kambing merupakan pusat jual-beli kurban di Jakarta Pusat. Aan menghimbau agar masyarakat membeli di tempat seperti Pasar Kambing daripada di pinggir jalan. Kualitas di Pasar Kambing pun sudah terjamin.

"Kalau mau belanja kambing di Pasar Kambing, jangan di pinggir jalan. Di Jalan Sabeni, Tanah Abang. Pasar Kambing, harga relatif murah, barangnya bagus-bagus, sudah diperiksa di peternakan, barang gak ada yang cacat, bagus, mulus," jelasnya.

Aan mengaku menjual kurban tidak sekadar ingin mencari untung. Tujuan lain yang ia inginkan adalah agar masyarakat ikut berkurban.

"Kita cari langganan, relasi kita biar banyak. Cari untung, tapi gak seberapa besar. Yang penting jadi berkurban," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.