Sukses

Askrindo Beri Asuransi bagi Galangan Kapal dan Kawasan Industri

Askrindo bekerja sama dengan Sier dan IKI untuk pemanfaatan jasa dan produk asuransi bagi industri galangan kapal.

Liputan6.com, Jakarta - PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo menjalin kerja sama dengan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (PT SIER) dan PT Industri Kapal Indonesia (PT IKI Persero) dalam rangka optimalisasi bisnis dan meningkatkan sinergi antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN)‎.

Plt Direktur Utama Askrindo, Sabdono mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk pemanfaatan jasa dan produk asuransi bagi industri galangan kapal, kawasan industri estate, serta mendukung program sinergi BUMN dengan memanfaatkan produk dan jasa masing-masing perusahaan.

"MoU dengan PT SIER ini kita lihat akan sangat bagus karena sebagai pusat berbagai macam industri serta pusat pergudangan, PT SIER memiliki beberapa macam mitra bisnis. Jadi, apabila PT SIER mempunyai kontrak bisnis dengan mitranya, Askrindo dapat mengcover pemenuhan kontrak kerja dalam bentuk asuransi kriditnya, asuransi umumnya serta surety bond," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Dalam kerja sama ini Askrindo juga menyatakan komitmennya mendukung bisnis PT IKI di bidang asuransi umum. Asuransi umum merupakan satu dari beberapa produk asuransi yang saat ini dipasarkan Askrindo.

"Nantinya kami juga akan menawarkan kepada PT IKI, produk-produk dari Askrindo yang bisa dipakai selain asuransi mum, kita juga masih memiliki produk-produk lainnya, seperti Kontra Bank Garansi, Suretyship, Asuransi Perdagangan dan lainnya," kata Sabdono.

Sementara itu, Direktur Utama IKI, Edy Widarto mengungkapkan, pihaknya membutuhkan cover asuransi untuk pendanaan. Oleh sebab itu, pihaknya menggandeng Askrindo sebagai sesama BUMN.

"Ini membawa keyakinan dan rasa aman bagi yang memberikan pendanaan kita. Ini juga persiapan kita ke depan apabila ada beberapa proyek seperti dari Pelindo atau Pertamina jadi sebelum kita ikut tender kita siapkan dulu finansialnya," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Askrindo Jamin Sekuritisasi Aset Garuda Indonesia

Sebelumnya, PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo (Persero) dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menandatangani kerja sama Asuransi Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA) milik Garuda Indonesia.  Jadi Askrindo menjamin instrumen sekuritisasi aset keuangan yang diterbitkan PT Garuda Indonesia Tbk. 

Plt Direktur Utama Askrindo, Sabdono mengatakan, tujuan perjanjian kerja sama membangun sinergi antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kerja sama ini diharapkan akan memberikan pelayanan terbaik kepada kedua belah pihak dengan prinsip saling bermanfaat dan saling menguntungkan.

"Terobosan baru dalam perjanjian kerja sama ini dan juga pada industri asuransi adalah Askrindo menjamin instrumen sekuritisasi aset keuangan yang diterbitkan PT Garuda Indonesia dengan aset dasar yang diadikan jaminan berupa hak atas pendapatan penjualan tiket rute penerbangan Jeddah dan Madinah milik Garuda Indonesia,” kata Sabdono di Gedung Garuda indonesia, Jakarta Pusat, Kamis 2 Agustus 2018.

Sabdono menyebut, skema penjaminan ini merupakan yang pertama kali dilakukan dalam bisnis asuransi. "Askrindo bangga turut berpartisipasi dalam penerbitan KIK EBA GIAA01 yang merupakan pelopor instrument sekuritisasi aset keuangan pertama di Indonesia," kata dia.

Selain memberikan jaminan Kontrak KIK EBA, Askrindo juga melakukan perluasan kerja sama yang telah ada selama ini, yakni Personal Accident Haji Insurance, Personal Accident and Lost License Insurance, Asuransi Penanggungan untuk Tanggung Jawab Angkutan Udara serta Cash In Safe & Cash In Transit Insurance. 

"Adapun potensi kerja sama lainnya ialah Surety Bond, Customs Bond dan Kontra Bank Garansi, selain itu juga ada Asset Non Aircraft Insurance, Aircraft Insurance, Director & Officer Insurance, Personal Accident Insurance for Passenger serta produk produk  lainnya," ujar Sabdono.  

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Pahala N Mansury menyambut baik dukungan sinergi yang dilaksanakan bersama PT Askrindo. Melalui kerja sama ini diharapkan  ke depan akan dapat semakin menunjang mengembangkan bisnis perusahaan yang secara berkelanjutan

"Melalui penandatanganan komitmen kerja sama ini, sinergi yang telah terjalin bersama Askrindo juga turut diperluas terhadap lini layanan lainnya yang tentunya dapat mendukung upaya peningkatan  layanan Garuda Indonesia kepada penumpang", tutur Pahala.

Adapun penandatanganan kerja sama ini langsung ditandatangani oleh Plt Direktur Utama PT Askrindo Sabdono dan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Pahala N Mansury.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.