Sukses

Nama Sandiaga Uno Muncul di Bursa Cawapres, Berapa Kekayaannya?

Sandiaga Uno dikenal sebagai pengusaha pemilik Saratoga yang bergerak di sektor infrastruktur, konsumer, dan sumber daya alam (SDA).

Liputan6.com, Jakarta Nama Sandiaga Uno saat ini santer terdengar masuk dalam bursa calon wakil (cawapres) Presiden Indonesia mendampingi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres).

Ini seperti diungkapkan Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon, yang mengatakan, cawapres Prabowo Subianto paling mengemuka saat ini adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno.

Namun, keduanya masih dalam pembahasan bersama mitra koalisi Gerindra. "Yang menjadi berkembang aspirasi nama Sandiaga, AHY, beberapa nama akan dibahas," katanya di kediaman Prabowo Jl Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018) malam.

Saat ini, Sandiaga Uno merupakan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sebelumnya, dia dikenal sebagai pengusaha muda yang memiliki banyak bisnis. Dari akar bisnis ini, Sandiaga meraup pundi-pundi kekayaannya.

Berdasarkan laporan Globe Asia, dalam daftar orang-orang terkaya di Indonesia tahun 2018, Sandi berada di posisi 85 dengan taksiran kekayaan USD 300 juta atau sekitar Rp 4,3 triliun. Namun, kekayaan Sandiaga Uno dilaporkan menurun dari tahun lalu.

Kekayaan Sandi menurun sampai USD 200 juta atau Rp 2,88 triliun (kurs 1 USD = Rp 14.444). Sementara, tahun lalu, kekayaan sang Wagub sebesar USD 500 juta.

Sebelum menjabat sebagai Wagub, Sandiaga Uno dikenal sebagai pengusaha pemilik Saratoga yang bergerak di sektor infrastruktur, konsumer, dan sumber daya alam (SDA).

Saat itu, kekayaan Sandi terdiri atas berbagai investasi senilai puluhan miliar, logam mulia, barang seni dan antik, serta tanah. Demi berfokus pada pemerintahan, Sandi telah meninggalkan Saratoga.

Dalam kariernya sebagai wagub, Sandiaga turut membawa pengalamannya di bidang bisnis dan ekonomi dalam upaya memperkuat ekonomi DKI Jakarta. Salah satu ide terbaru Sandi adalah ingin pencak silat dilestarikan, sehingga dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sandiaga Uno Lebih Kaya dari 2 Anak Soeharto

Kekayaan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Sandiaga Uno dilaporkan melebihi dua anak Presiden RI ke-2 Soeharto. Menurut laporan Globe Asia, harta Sandiaga tetap lebih tinggi dari Bambang Trihatmodjo dan Siti Hardijanti Rukmana (Tutut).

Terkini, dalam daftar orang-orang terkaya di Indonesia tahun 2018 yang dirilis Globe Asia, Sandi berada di posisi 85 dengan taksiran kekayaan USD 300 juta atau sekitar Rp Rp 4,3 triliun (1 USD = Rp 14.444). Itu pun sebetulnya kekayaan Sandi turun sebanyak USD 200 juta atau sekitar Rp 2,88 triliun dari tahun lalu.

Walau kekayaannya tercatat turun, kekayaan mantan petinggi Saratoga ini masih di atas Bambang Trihatmodjo dan Tutut Soeharto. Sandiaga Uno tercatat berada di peringkat 85.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.