10 Barang yang Wajib Dimiliki Para Pekerja Baru

Oleh Fitriana Monica Sari pada 12 Agu 2018, 18:00 WIB
Diperbarui 12 Agu 2018, 18:00 WIB
20160426-Ilustrasi-Wanita-Karir-iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta - Bisa menamatkan pendidikan memang menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi jika kamu juga berhasil mengganti status dari ‘fresh graduate’ menjadi ‘first jobber’ alias pekerja baru.

Pekerjaan pertama memanglah selalu berkesan karena di saat inilah kamu bisa benar-benar menikmati hasil kerja kerasmu. Namun, jangan sampai kamu menghabiskan gaji pertamamu hanya untuk senang-senang saja, ya.

Sebagai seorang ‘first jobber’, kamu harus mulai belajar untuk bisa mengelola uang dan kebutuhan sendiri. Apalagi, kebutuhanmu sebagai ‘first jobber’ pasti sangat banyak. Bukankah kamu perlu menunjang penampilanmu agar terlihat lebih profesional?

Dilansir dari Swara Tunaiku, ini 10 item yang perlu kamu miliki sebagai pekerja baru.

 

2 dari 11 halaman

1. Pakaian formal

[Bintang] Jangan Kenakan Pakaian Ini Kalau Kamu Gak Mau Terlihat Tua
Kalau mau terlihat awet muda, saat kerja sebaiknya kamu hindari pakaian terlalu formal. Kalaupun terpaksa harus bergaya formal, coba kamu sesuaikan warnanya, hindari pakaian yang sewarna. | via: g01.a.alicdn.com

Sebagai karyawan, penampilan jadi hal yang utama terutama saat kamu akan bekerja. Jika bukan bekerja di bidang kreatif yang mengizinkan berpakaian kasual, maka wajib untuk memiliki pakaian formal. Kamu tidak bisa lagi mengenakan kaos dan celana jins untuk beraktivitas.

Oleh karena itu, memperbaharui lemari dengan memperbanyak koleksi pakaian formal, penting. Kamu bisa memilih pakaian, seperti kemeja dengan warna netral juga celana atau rok kain berwarna gelap. Enggak perlu beli yang mahal, asalkan pakaian itu sudah cukup untuk membuatmu terlihat rapi dan profesional. 

3 dari 11 halaman

2. Jaket kasual yang cukup tebal

[Bintang] Sandra Dewi
Setelan blazer motif garis-garis yang in didunia fashion. (Instagram/sandradewi)

Karena menggunakan AC sentral, kamu enggak bisa dengan mudah merubah setelannya jika merasa kedinginan. Maka dari itu, kamu perlu memiliki jaket atau baju tebal untuk mengatasinya.

Namun, jangan juga gunakan hoodie atau bomber di kantor, ya. Carilah jaket kasual, seperti blazer dengan bahan tebal untuk membuatmu tetap nyaman di kantor yang dingin tapi tetap rapi.

4 dari 11 halaman

3. Sepatu kulit

Merawat Sepatu Kulit
Merawat Sepatu Kulit

Memang, sepatu kulit memiliki harga yang cukup tinggi, tapi kamu enggak mau, kan, dianggap seperti anak magang hanya karena pakai sneakers di lingkungan kantor? Nah, meski harganya mahal, jika dirawat dengan benar sepatu kulit bisa tahan lama hingga 2-3 tahun, kok. Jadi, worth to buy, lah!

5 dari 11 halaman

4. Smartphone

[Bintang] Harga Oppo F7 Rp 4,2 Juta, Langsung Mau Ganti Smartphone Baru Nggak?
Berbagai brand smartphone mengeluarkan seri terbarunya tahun ini termasuk Oppo. Harga Oppo F7 Rp 4,2 juta lho. (Ilustrasi: methodshop)

Untuk menunjang kebutuhan kerja, akan ada beberapa aplikasi smartphone yang harus kamu punya. Aplikasi notes, microsoft, dan e-mail akan sangat kamu butuhkan. Nah, karena itulah enggak ada salahnya jika kamu meng-upgrade smartphone-mu.

6 dari 11 halaman

5. Powerbank

Powerbank
Ilustrasi (ist.)

Jika pekerjaan menuntutmu untuk sering berpergian, benda yang satu ini sangat wajib kamu punya. Dengan memiliki powerbank, kamu enggak perlu lagi khawatir dan sibuk mencari colokan ketika smartphone-mu lowbatt. Atasanmu dan teman kerjamu pun enggak akan sulit menghubungimu. Enggak perlu merogoh kocek yang dalam, harga powerbank dengan kapasitas 10.000 mAh hanya berkisar Rp 200 ribu saja, kok.

7 dari 11 halaman

6. Notebook atau Tablet

XIaomi
Tampilan Mi Notebook Air (sumber: ist)

Ada beberapa pekerjaan yang menuntut agar siap siaga kapan pun dan di mana pun. Nah, untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba atasan meminta laporan kerja, maka sepertinya kamu akan butuh notebook mini atau sebuah tablet. Karena enggak mungkin, kan, kamu membuat laporan hanya dengan memanfaatkan smartphone.

8 dari 11 halaman

7. Tas laptop

Tas Pelindung Laptop yang Anti Peluru
Foto: Tas laptop anti peluru (mirror.co.uk)

Ketika kamu bekerja dan meeting di luar kantor, pastinya kamu diharuskan membawa laptop. Nah, jika saat kuliah, laptop hanya dimasukkan begitu saja ke dalam tas ransel, kamu tidak bisa melakukannya saat bekerja.

Setidaknya kamu harus memasukkan ke dalam tas laptop yang bergaya elegan. Ingat, sebagai karyawan, kamu harus bisa menampilkan citra profesional. Saat ini, sudah banyak kok, tas laptop dengan gaya elegan. Ada juga yang sudah memiliki banyak kantong untuk tempat dokumen.

9 dari 11 halaman

8. Wifi portable

Ilustrasi Wifi Bolt
Wifi Bolt

Di era serba internet ini, pastinya kamu akan menemukan banyak kesulitan jika sinyal smartphone-mu hilang-hilangan dan enggak ada wifi gratis. Oleh karena itulah, kamu butuh wifi portable, seperti Bolt dan Smartfren. Dijamin, kamu bisa terhubungan kapan pun dan di mana pun.

10 dari 11 halaman

9. Dress watch

Connected Modular 41, Jam Tangan Canggih dari Tag Heuer
Tag Heuer kembali meluncurkan koleksi jam tangan canggih terbarunya, yaitu Connected Modular 41. Sumber foto: Time International.

Tepat waktu adalah salah satu kunci sukses setiap orang, apalagi sebagai karyawan. Nah, supaya kamu bisa mengecek waktu dengan mudah dan enggak perlu repot melihatnya di layar smartphone, maka kamu perlu memiliki dress watch. Lagipula, dengan memakai dress watch, penampilanmu akan tambah elegan, lo.

11 dari 11 halaman

10. Tabungan

20170810-tips mengisi perabotan di rumah baru
ilustrasi tabungan (Foto: Getty Images)

Ketika kamu sudah memiliki pendapatan sendiri, berarti sudah waktunya juga bagi kamu untuk mengelola keuangan. Jangan sampai kamu terlalu sibuk beli ini, beli itu, tapi tidak menyisakannya sedikit pun. Belajarlah menabung!

Mengingat gaji kamu masih probation, mulailah dengan nominal yang kecil dulu. Jika sudah mendapat full gaji, barulah kamu bisa memperhitungkan untuk menyisakan 10-20 persen gaji untuk ditabung.

Bagaimana? Apakah sebagai pekerja baru kamu setuju dengan 10 item wajib ini? Jika belum ada bujetnya, kamu enggak harus beli secara bersamaan, kok. Beli saja ke-10 itemnya satu per satu.

Lanjutkan Membaca ↓