Pakai Kode FILM, MD Pictures Catatkan Saham Perdana di BEI

Oleh Agustina Melani pada 07 Agu 2018, 08:20 WIB
Diperbarui 09 Agu 2018, 08:13 WIB
Terjebak di Zona Merah, IHSG Ditutup Naik 3,34 Poin

Liputan6.com, Jakarta - PT MD Pictures Tbk, emiten rumah produksi akan mencatatkan perdagangan saham pada Selasa (7/8/2018) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Perseroan merupakan emiten pertama di bidang rumah produksi yang catatkan saham dengan kode FILM.

PT MD Pictures Tbk melepas 1,30 miliar saham dengan nilai nominal Rp 100 ke publik dalam rangka penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO). Demikian mengutip dari laman PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada Selasa pekan ini.

Jumlah saham yang ditawarkan itu di bawah target perseroan sebanyak-banyaknya 1,98 miliar saham. Jumlah 1,3 miliar saham itu sekitar 13,75 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum dan pelaksanaan konversi mandatory convertible bond (MCB) yang dilakukan perseroan bersama dengan IPO.

Perseroan menetapkan harga Rp 210 per saham dalam rangka IPO. Jadi total dana yang diraup dari IPO mencapai Rp 274,63 miliar. Dana hasil IPO antara lain digunakan untuk biayai ekspansi produksi film, kontrak eksklusif, pengembangan HAKI dan pengembangan film animasi.

Dalam rangka IPO ini, perseroan dibantu oleh penjamin pelaksana emisi efek yaitu PT NH Korindo Sekuritas Indonesia.

Sebelumnya perseroan telah mendapatkan izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka IPO pada 25 Juli 2018, masa penawaran umum pada 26-31 Juli 2018, penjatahan pada 2 Agustus 2018.

Kemudian pengembalian uang pemesanan dan distribusi saham secara elektronik pada 6 Agustus 2018, pencatatan saham di BEI pada 7 Agustus 2018.

 

2 of 2

MD Pictures IPO

Terjebak di Zona Merah, IHSG Ditutup Naik 3,34 Poin
Pekerja melintasi layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Rabu (16/5). Meski terjebak di zona merah, IHSG berhasil mengakhiri perdagangan di level 5.841. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, salah satu rumah produksi di Indonesia MD Pictures akan melepas saham perdana ke publik atau initial public offering (IPO) pada 2018.

Perseroan telah melakukan mini public expose ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (4/5/2018). "PT MD Pictures Tbk akan IPO," ujar Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI, Hamdi Hassyarbaini saat dihubungi Liputan6.com.

Ia mengatakan, perseroan yang produksi film ayat-ayat cinta, Habibie Ainun tersebut akan lepas 15 persen-20 persen saham ke publik.Perseroan telah menunjuk PT NH Korindo Sekuritas untuk bantu pelaksanaan IPO. Hamdi menuturkan, dana IPO perseroan akan digunakan untuk modal kerja.

Adapun MD Pictures merupakan salah satu rumah produksi pertama yang IPO di BEI. Hal tersebut dinilai dapatmemberikan pilihan bagi investor untuk investasi di pasar saham Indonesia.

"Dampaknya positif. Investor makin banyak pilihan," kata Hamdi

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓