Sukses

7 Tips Jago Bahasa Inggris Tanpa Kursus

Banyak perusahaan yang ada di Indonesia menjadikan Bahasa Inggris sebagai syarat utama saat hendak melamar pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Di era globalisasi seperti sekarang ini, menguasai bahasa asing khususnya Inggris seolah menjadi keharusan. Kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk menunjang perkembangan karier maupun bisnis seseorang.

Sebab, beberapa perusahaan yang ada di Indonesia menjadikan Bahasa Inggris sebagai syarat utama saat hendak melamar pekerjaan. Itu artinya kesempatan untuk melamar kerja pun akan terbuang sia-sia bila Anda tidak mampu menguasai Bahasa Inggris dengan baik.

Mengikuti kursus Bahasa Inggris mungkin jadi alternatif terbaik supaya bisa berkomunikasi dengan baik. Namun dibutuhkan biaya yang kadang tidak sedikit, yang membuat orang kadang jadi enggan untuk belajar.

Padahal, ada beberapa tips khusus yang bisa Anda lakukan supaya mahir berbahasa Inggris tanpa harus mengikuti kelas bahasa. Berikut tips belajar Bahasa Inggris tanpa kursus seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Pelajari Materi Dasar Terlebih Dahulu

Metode pembelajaran selalu dimulai dari materi dasar sebagai pengenalan terhadap materi-materi selanjutnya. Materi dasar dalam Bahasa Inggris dimulai dari Simple Present Tense. Pola kalimat ini sangat mendasar, sama seperti penyusunan S-P-O-K (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan) dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Sembari mempelajari pola kalimat, pelajari juga vocabulary atau kosakata supaya penyusunan kalimat jadi semakin mudah. Alhasil, kemampuan dalam berbahasa inggris pun akan meningkat pesat seiring berjalannya waktu. Jadi, jangan malu kalau Anda harus belajar dari tingkat dasar dulu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Selanjutnya Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar (susunan kalimat) mungkin tidak terlalu penting saat seseorang melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris. Akan tetapi, mempelajari grammar sangat penting untuk menghasilkan sebuah kalimat baku yang sangat berguna saat Anda ingin menuliskan kalimat dalam Bahasa Inggris.

Dengan menguasai grammar, Anda juga bisa lebih mudah saat mengikuti tes TOEFL dan IELTS dengan hasil tes yang memuaskan. Selain itu, memguasai grammar adalah cara cepat untuk belajar Bahasa Inggris.

3. Mendengarkan Lagu dan Menonton Film Barat

Jika Anda sedang tidak sibuk, manfaatkan waktu yang dimiliki untuk mendengar lagu atau menonton film barat. Lirik, kata, dan kalimat yang terdapat dalam lagu atau film barat bisa diterjemahkan langsung untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris.

Kalau belum terlalu mahir, Anda bisa mengaktifkan menu subtitle untuk memahami kata demi kata yang diucapkan. Tapi, subtitle yang dipilih harus dalam Bahasa Inggris ya, supaya menambah kosakata, kemampuan mengolah kalimat, sekaligus melatih pengucapan kalimat dalam Bahasa Inggris.

3 dari 5 halaman

4. Membaca Buku Berbahasa Inggris

Jika Anda hobi membaca novel Bahasa Indonesia, sesekali cobalah untuk membaca novel Bahasa Inggris. Novel yang dibaca tidak perlu terlalu tebal karena akan membuat Anda cepat bosan. Tapi, mulailah dengan membaca novel yang tipis terlebih dahulu. Jika Anda berhasil memahami seluruh isi novel dengan baik, tingkatkan ke novel yang isinya lebih tebal. Begitu seterusnya.

Dengan membaca novel, kosakata dalam Bahasa Inggris pun akan meningkat dengan sendirinya. Selain itu, Anda juga mampu membedakan mana pola Present Tense dan Past Tense, sehingga menyusun kalimat pun jadi lebih mudah di kemudian hari.

 

4 dari 5 halaman

5. Biasakan Bicara dalam Bahasa Inggris

Mempelajari materi saja tidaklah cukup kalau tidak pernah praktik. Ibaratkan sayur tanpa garam, semuanya akan jadi sia-sia. Setelah menguasai kosakata dan pola kalimat, sekarang saatnya untuk berkomunikasi langsung dalam Bahasa Inggris.

Ajak keluarga atau teman Anda yang mahir Bahasa Inggris untuk berbicara dengan bahasa internasional ini. Semakin sering berbicara dalam Bahasa Inggris, semakin bagus pula pelafalan yang Anda ucapkan saat berbicara. (Baca Juga: 10 Kiat yang Bisa Dilakukan untuk Bersaing Menghadapi MEA)

6. Sering-seringlah Menulis dalam Bahasa Inggris

Apapun kejadian yang pernah Anda alami, coba dituliskan ke dalam Bahasa Inggris. Tuangkan seluruh keluh kesah atau kebahagiaan dalam buku catatan.Gunakan kosakata yang sudah didapat untuk membantu Anda menuliskan sebuah cerita.

Perhatikan juga susunan kalimatnya apakah sudah betul atau tidak.Anda tidak harus langsung mengoreksi sususan kalimatnya setiap kali menuliskan satu kalimat. Tapi lakukan koreksi grammar setelah Anda menyelesaikan tulisan.

5 dari 5 halaman

7. Carilah Teman Bule

Jika kemampuan Bahasa Inggris sudah bagus, perluas jaringan pertemanan sampai ke luar negeri. Gunakan sosial media untuk mencari teman-teman bule dan ajak berbicara.

Meskipun percakapan dengan si bule hanya melalui pesan singkat, yang penting sudah ada pembuktian kalau Anda sudah mampu berbahasa inggris dengan baik. Apalagi kalau percakapannya berkelanjutan, Bahasa Inggris Anda pun jadi semakin baik.

Percaya Diri dengan Mahir Berbahasa Inggris

Selain berbicara dalam Bahasa Indonesia, Anda juga bisa menyelipkan percakapan dalam Bahasa Inggris saat berkomunikasi dengan teman. Jadikan Bahasa Inggris sebagai second language atau bahasa kedua setelah Bahasa Indonesia agar apa yang sudah dipelajari tetap menempel di ingatan, bukan malah pudar dimakan waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini