Sukses

Harga Cabai Stagnan, Timun Melambung Tinggi

Harga bawang dan cabai di Pasar Mencos Setiabudi, Jakarta Selatan, tidak mengalami perubahan jelang akhir pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang dan cabai di Pasar Mencos Setiabudi, Jakarta Selatan, tidak mengalami perubahan jelang akhir pekan ini jika dibandingkan dengan awal pekan. Berbeda, harga timun terpantau melambung tinggi.

utia (42), pedagang sayur di Pasar Mencos mengatakan, harga bawang merah dan bawang putih masih di kisaran Rp 25 ribu - Rp 30 ribu per kg.

Sedangkan untuk harga cabai keriting merah dan cabai rawit merah ia patok di angka Rp 25 ribu dan Rp 38 ribu per kg.

"Masih pada normal itu untuk bawang dan cabai, sayuran aja yang pada naik. Enggak tahu minggu depan. Semoga aja udah pada balik lagi (harganya)," ungkap dia kepada Liputan6.com, Jumat (3/8/2018).

Mutia melanjutkan, kenaikan harga terlihat pada sayuran, salah satunya mentimun. Saat ini ia menjual timun di angka Rp 18 ribu per kg. Angka tersebut melambung Rp 13 ribu per kg jika dibandingkan dengan pekan lalu yang ada di angka Rp 5 ribu per kg.

"Apalagi kalau akhir pekan gini, petani biasanya enggak kirim barang juga karena mungkin mau libur juga mereka. Timun juga kan banyak yang makai, buat lalapan, dan lain-lain, jadilah itu (timun) naik banget sekarang," tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buncis Juga Naik

Rusdi (42) yang juga menjajakan sayuran di Pasar Mencos juga mengatakan hal yang sama. Ia menjual Timun di harga Rp 16 ribu per kg, naik tinggi jika dibandingkan pekan lalu yang di kisaran Rp 5.000 per kg.

Selain itu, harga tomat Rp 14 ribu per kg serta terong yang mencapai Rp 10 ribu per kg. "Masih naik hari ini sayuran, belum ada perubahan, buncis aja sekarang naik," ujarnya.

Sedangkan untuk harga cabai merah besar, Rusdi menjualnya di harga Rp 32 ribu per kg dan cabai rawit merah sebesar Rp 40 ribu.

Untuk bawang putih seharga Rp 30 ribu per kg dan bawang merah di rentang Rp 25 ribu - Rp 30 ribu per kg.

Menambahkan, untuk harga daging sapi semua tercatat normal di Pasar Mencos. Harga daging sapi kini dibanderol Rp 120 ribu per kg (sesuai HET).

"Masih sama, Rp 12 (Rp 120 ribu) per kg sekarang kita jual," kata Santa (55) pedagang sapi di pasar tradisional Mencos.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.