Sukses

Menperin Pamer Prestasi Sektor Otomotif di Depan Jokowi

Menperin Airlangga Hartarto menuturkan, sektor otomotif merupakan subsektor industri yang menjanjikan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS) 2018 di Indonesia Convention Exibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto 'memamerkan' sejumlah prestasi yang disumbangkan oleh sektor yang berada di bawah kepemimpinannya, antara lain peningkatan produksi dan penjualan.

"Produksi hingga 2017 naik dari 1,17 juta unit menjadi 1,216 juta unit Penjualan naik dari 1,062 juta unit menjadi 1,079 juta unit," ujar dia, Kamis (2/8/2018).

Ekspor mobil CBU (Completely Buitl Up) pun meningkat menjadi 231.000 unit pada 2017 atau naik 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 192.000 unit.

"Dan yang paling mengesankan ekspor dalam bentuk komponen, naik 1.300 persen, dari 6,2 juta unit menjadi 84 juta unit," kata dia.

Airlangga pun menyampaikan, sektor otomotif merupakan satu subsektor industri yang menjanjikan dengan pertumbuhan di atas pertumbuhan ekonomi yaitu mencapai 6,53 persen. "Kontribusi terhadap PDB sebesar 10,27 persen. Investasi masuk lima besar Rp 3,35 triliun," ujar dia.

Tak hanya 'memamerkan' kinerja industri otomotif, Airlangga Hartarto pun 'memamerkan' kemampuannya dalam berpantun. Di akhir sambutannya, dia menutup dengan pantun yang kurang lebih bermakna harapan bagi kemajuan sektor industri dan kemajuan Indonesia.

"Pameran ini adalah pameran roda empat. Menyongsong revolusi industri empat. Mari bergenggam erat. Demi Indonesia hebat," tutur Airlangga dan diikuti dengan tepuk tangan peserta pameran.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Minta Pelaku Industri Otomotif Siap Hadapi Perubahan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS) 2018 di Indonesia Convention Exibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Jokowi yang mengenakan kemeja lengan panjang putih dan celana bahan putih ini meminta segenap pelaku industri otomotif dalam negeri untuk dan menyiapkan diri guna menghadapi berbagai perubahan yang terjadi di industri otomotif dunia.

"Karena kita ini bagian dari skala produksi, rantai produksi, juga branding juga sudah global. Karena (perkembangan) sudah mulai, tidak lama lagi tren itu masuk ke Indonesia," ujar dia, Kamis 2 Agustus 2018.

Oleh karena itu, Mantan Wali Kota Solo ini mengharapkan, GIIAS 2018 dapat menjadi ajang diskusi dan promosi bagi produk-produk mobil Indonesia.

"Saya diberi tahu, 'Pak bisa lihat model-model mobil baru, Pak'. Memang ini pameran terbesar. Bukan hanya di Indonesia tapi juga internasional," ujar dia.

Turut hadir dalam pembukaan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo, Mensesneg Pratikno, serta Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.