Sukses

4 Tanda Perusahaan Buruk yang Bisa Diketahui saat Wawancara Kerja

Empat tanda-tanda ini membuktikan kamu tidak melakukan wawancara di perusahaan yang baik.

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan di kantor bisa mempengaruhi kehidupan kita. Pekerjaan bukan sekadar tempat kita mencari uang. Lima kali seminggu kita akan menghabiskan hari-hari di perusahaan tempat kerja, bersama warga kantor dan kulturnya. 

Adalah beruntung bila kamu bekerja di perusahaan yang sesuai dengan visi dan idealisme. Bila tak bisa menemukan karier yang sepenuhnya memuaskan passion kamu, setidaknya jangan sampai terjebak di karier yang disfungsional dan memberikan hawa negatif dalam hidup.

Dilansir dari The Ladders, ada setidaknya empat pertanda sebuah perusahaan yang disfungsional. Tanda-tanda tersebut dapat dicermati saat wawancara. Berikut uraiannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Komunikasi Amburadul

Cara perusahaan menangani calon pegawai di tahap awal adalah cerminan dari budaya perusahaan secara keseluruhan. Sebuah perusahaan yang memiliki nilai yang kuat akan memastikan nilai tersebut muncul di setiap aspek bisnis mereka.

Bila perusahaan memiliki pengorganisasian yang baik, pastinya hal tersebut terlihat saat proses wawancara. Sebaliknya, mulailah berhati-hati bila banyak ketidakjelasan di tahap wawancara, atau saat etika berkomunikasi (seperti penulisan atau pengiriman email) perusahaan tidak bagus.

3 dari 5 halaman

2. Pewawancara Bergosip

Pewawancara seharusnya tidak kebanyakan cerita mengenai pegawai yang keluar dari perusahaan, meskipun keluarnya pegawai itu menyulitkan pihak perusahaan.

Jika pewawancara mulai membicarakan kejelekan dari pegawai sebelumnya, itu berarti budaya perusahaan tidak melawan pergosipan. Ini juga menjadi pertanda bahwa kamu bisa kerap dibanding-bandingkan dengan pendahulumu.

Meskipun memang menyenangkan saat prestasi kerja diakui, alangkah baiknya bila hal tersebut dievaluasi secara privat dan sesuai kepantasan.

4 dari 5 halaman

3. Wawancara Terlalu Singkat

Sekali lagi, pewawancara adalah cerminan dari budaya perusahaan yang kamu ingin masuki. Pewawancara yang baik adalah yang ingin membangun koneksi dengan kandidat, sabar, dan bekerja dengan keseluruhan.

Jika wawancara terlalu terburu-buru, itu malah membuat calon pegawai baru kesulitan mengenali tempat bekerjanya yang baru. Padahal, bila diterima, mereka harus menghabiskan hari-hari mereka di kantor.

5 dari 5 halaman

4. Kehadiran HR Tidak Jelas

Divisi Human Resources (HR) tidak sekadar mewawancara calong pegawai. Mereka memiliki bertanggung jawab seputar kebijakan dan segala yang dialami pegawai.

Lihat bagaimana pegawai lain memperlakukan divisi HR. Cara HR dan pegawai lain berinteraksi juga menunjukan seperti apa budaya perusahaan.

Bila pegawai lain tidak menghargai HR, atau pihak HR tidak memberikan respons yang mumpuni saat kamu bertanya sesuatu lewat email, maka ketika kamu sedang mengalami masalah pun, kemungkinan besar HR tidak akan bisa membantumu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini