Sukses

Jokowi: Mobil Pedesaan Sangat Multiguna

Ammdes memiliki desain yang sangat bervariasi, sehingga cocok dengan keadaan lahan di pedesaan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (Ammdes) pada pembukaan GIIAS 2018, di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (2/8/2018).

Peralatan yang dikembangkan Kementerian Perindustrian ini, mendapatkan tanggapan positif dari mantan Gubernur Jakarta itu.

"Sangat multiguna. Selain untuk meningkatkan produksi yang ada di desa-desa, ini bisa selesaikan banyak masalah," ungkapnya.

AMMDES, menurut dia, memiliki desain yang sangat bervariasi sehingga cocok dengan keadaan lahan di pedesaan.

"Seperti air, dryer, penggilingan rice mill unit dalam bentuk kecil. Mobilitas lebih tinggi dan produksi sawah-sawah bisa lebih baik lagi," kata dia.

Terkait harga, Jokowi mengatakan sepenuhnya merupakan hak pengembang. Meskipun demikian, dia mengingatkan bahwa harga yang ditawarkan harus kompetitif.

"Ini kan persaingan makin ketat. Belum tentu setiap mobil itu bagus dalam desain. Tapi kalau harganya tidak kompetitif, masuk pasar juga akan sulit. Jadi itu terserah industri sendiri," tegas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Pedesaan Meluncur di GIIAS 2018

Kemenperin akan meluncurkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (Ammdes) atau yang akrab sebut sebagai mobil pedesaan pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, 1 Agustus 2018.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya terus berupaya mengoptimalkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) guna memacu produksi Ammdes. 

Saat ini, industri dalam negeri telah mampu memproduksi 184 jenis komponen atau setara 70 persen dari nilai total pengembangan alat transportasi untuk penumpang dan hasil pertanian tersebut.

"Melalui konsolidasi dengan pelaku industri nasional, kami berhasil memfasilitasi dalam membangun komitmen kerja sama dengan lebih dari 70 industri yang siap menjadi pemasok komponen Ammdes, di mana sebagian besar adalah industri kecil dan menengah (IKM),” ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, seperti ditulis Kamis (2/8/2018).‎

Pengembangan Ammdes, kata dia, sejalan dengan semangat Nawacita guna membangun Indonesia dari pinggiran, serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis. 

Oleh sebab itu, Ammdes dirancang dengan fungsi multiguna, tidak hanya untuk alat transportasi membawa hasil-hasil pertanian dari desa ke kota, tetapi juga bisa sebagai alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini