AirAsia Resmi Buka Rute Penerbangan Kuala Lumpur-Silangit

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 02 Agu 2018, 11:10 WIB
Diperbarui 02 Agu 2018, 11:10 WIB
(Foto: Liputan6.com/Maulandy R)
Perbesar
Peresmian peluncuran penerbangan Air Asia Kuala Lumpur-Silangit pada Kamis 2 Agustus 2018 (Foto: Liputan6.com/Maulandy R)

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia meresmikan peluncuran penerbangan langsung rute internasional terbaru dari Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2), Malaysia, menuju Bandar Udara Internasional Silangit, Sumatera Utara, Indonesia.

CEO Grup AirAsia, Tan Sri Tony Fernandes, mengatakan, Silangit yang berada di pesisir Danau Toba merupakan tempat dengan potensi wisata yang besar dengan keindahan alamnya.

"Silangit adalah tempat yang indah dan potensial. Kami bangga untuk mempromosikan Silangit kepada dunia. Dengan danau dan gunungnya, Silangit adalah tempat yang fantastis seperti di Switzerland," tutur dia.

Seperti diketahui, pemerintah beberapa tahun lalu menetapkan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas Indonesia yang hendak diperkenalkan sebagai Bali Baru kepada para wisatawan domestik dan mancanegara.

Lebih lanjut, Tony Fernandes optimistis rute baru Kuala Lumpur-Silangit ini nantinya mampu menarik jumlah penumpang yang besar. Dia turut menceritakan kisah AirAsia yang pada waktu lampau membuka rute penerbangan ke Bandung.

"Dulu kita mulai penerbangan ke Bandung, dan orang-orang mulai banyak yang terbang ke sana. Sejak saat itu, banyak maskapai mengikuti langkah kami dan sekarang lalu lintas penerbangannya terbilang tinggi," ujar dia.

Dia menambahkan, AirAsia telah menyiapkan tim untuk mempersiapkan rute Kuala Lumpur-Silangit yang rencananya akan diterbangkan empat kali dalam satu pekan. Selain itu, ia juga ingin menekankan bahwa benefit dari sektor turisme bersifat sustainable atau berkelanjutan.

"Saya katakan Silangit ini indah, potensi wisatanya besar. Banyak masyarakat Malaysia yang mau ke sana. Kita ingin buka potensi keindahan Silangit ke wisatawan mancanegara," ujar dia.

Peresmian rute baru penerbangan ini dilaksanakan di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis 2 Agustus 2018.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir CEO Grup AirAsia Tan Sri Tony Fernandes beserta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

 

2 dari 2 halaman

AirAsia Berencana Tambah Tiga Pesawat

AirAsia
Perbesar
Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung menindaklanjuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I tahun 2017 tentang air connectivity

Sebelumnya, PT AirAsia Indonesia Tbk akan kembali menambah tiga armada pesawat baru jenis Airbus A320 pada 2018. Direktur Utama PT Air Asia Indonesia Tbk, Dendy Kurniawan menuturkan, penambahan armada ini akan dilakukan secara bertahap pada pertengahan dan akhir tahun 2018.

"Rencana kita akan tambah tiga pesawat. Rencananya pada Juli dan Desember," ujar dia.

Dendy mengatakan, penambahan armada ini termasuk cukup banyak dibandingkan pada tahun lalu. Sepanjang tahun lalu, perusahaan hanya menambah satu pesawat. Dengan tambahan tiga armada pesawat, kata Dendy, jumlah total armada AirAsia menjadi 18 unit.

Saat ini, perusahaan baru memiliki 15 unit pesawat dengan sembilan rute penerbangan domestik dan 21 internasional. Selain penambahan tiga pesawat baru, Air Asia juga telah menambah rute penerbangan baru. Yakni rute penerbangan Medan-Singapura.

"Rute baru pasti ada, nanti kalau ada pasti kita umumkan. Untuk saat ini baru itu," ujar dia.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa