7 Trik Ampuh Dapat Kerja di Kota Baru

Oleh Fitriana Monica Sari pada 06 Agu 2018, 06:01 WIB
4 Langkah Agar Bahagia Saat di Kantor

Liputan6.com, Jakarta - Ketika Anda pindah ke kota baru, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, termasuk pekerjaan. Kecuali Anda pindah untuk pekerjaan yang sudah Anda miliki, itu bisa mengintimidasi untuk melamar pekerjaan di kota baru.

Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah menemukan cara untuk meyakinkan perusahaan bahwa Anda adalah orang yang layak untuk dipekerjakan. Anda perlu menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memiliki semua keterampilan dan kualifikasi yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan yang dilamar.

Berikut tujuh tips yang akan membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan di kota baru, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Jangan menunda-nunda waktu

Tidak pernah baik untuk menunggu Anda sampai siap mulai melamar pekerjaan. Anda harus benar-benar memulai proses pencarian pekerjaan segera setelah Anda tahu akan pindah.

Mulailah bergabung dengan halaman pencarian kerja, dan lihat jenis pekerjaan apa yang tersedia di area tempat Anda akan pindah. Semakin cepat Anda memulai, maka semakin baik. Jika Anda telah mendapatkan panggilan untuk wawancara, beri tahu mereka kapan Anda berniat pindah dan kapan Anda siap untuk diwawancarai.

Wawancara Dirut LRT Jakarta
2 of 4

2. Bicaralah dengan orang yang Anda kenal

Teman curhat (iStock)
Ilustrasi teman curhat. (iStockphoto)

Jika ada orang yang Anda kenal di tempat yang akan menjadi kota baru Anda, coba berbicaralah kepada mereka, dan biarkan mereka tahu bahwa Anda sedang mencari pekerjaan.

Mereka dapat merekomendasikan perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Mereka juga dapat merekomendasikan Anda kepada pemilik bisnis yang mereka ketahui, dan dapat mengatur wawancara untuk Anda. Mereka juga dapat membantu Anda dengan banyak aspek lain termasuk mencari tempat tinggal.

3. Pertimbangkan lokasi

Ada banyak pertimbangan ketika memilih lokasi kerja. Misalnya, apakah Anda perlu menggunakan transpotasi umum atau bisa dengan berjalan kaki? Carilah pekerjaan yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal, sehingga Anda tidak membuang banyak waktu perjalanan.

3 of 4

4. Pertimbangkan wawancara

Ilustrasi wawancara online (Foto: KatarzynaBialasiewicz/Getty Images)
Ilustrasi wawancara online (Foto: KatarzynaBialasiewicz/Getty Images)

Anda harus selalu ada untuk wawancara online ataupun wawancara langsung. Beberapa perusahaan hanya ingin mewawancarai kandidat secara langsung, dan jika Anda tidak bisa ke sana, Anda kemungkinan tidak akan mendapatkan pekerjaan itu.

Untungnya, kini banyak perusahaan tidak keberatan melakukan wawancara melalui online. Anda harus berbicara tatap muka, tanpa harus melakukan perjalanan untuk wawancara. Jika Anda melakukan ini, pastikan Anda berpakaian seperti yang Anda lakukan untuk wawancara pribadi.

5. Mintalah mutasi

Jika perusahaan Anda memiliki kantor di kota lain, opsi lain adalah menanyakan apakah Anda bisa mendapatkan mutasi. Jika Anda adalah karyawan yang berdedikasi telah membuktikan bahwa Anda dapat menyelesaikan pekerjaan, kemungkinan besar mereka akan bersedia untuk mengakomodasi Anda.

Jika mereka kebetulan sedang menyiapkan kantor baru di area tempat Anda pindah, mereka mungkin ingin Anda menjadi bagian dari tim kantor baru tersebut.

4 of 4

6. Pertimbangkan untuk mengambil pekerjaan sementara

Ilustrasi. Freelance
Ilustrasi. Freelance

Jika Anda tidak dapat menemukan pekerjaan penuh waktu sebelum Anda pindah, Anda mungkin bisa mempertimbangkan pekerjaan sementara.

Ada banyak tempat di luar sana yang membuka untuk pekerja paruh waktu untuk berbagai keterampilan, dan Anda dapat bekerja sampai pekerjaan tetap datang.

Selain pekerja paruh waktu, pertimbangkan juga untuk melakukan pekerjaan freelance. Ada banyak situs web yang dapat Anda gunakan untuk menemukan posisi freelance dengan bayaran yang cukup.

7. Manfaatkan media sosial

Anda mungkin sudah tahu dengan kekuatan media sosial kita dapat mencari pekerjaan. Pastikan Anda bergabung dengan grup yang khusus untuk mencari pekerjaan. Bergabunglah dengan grup Facebook, dan periksa halaman Facebook untuk berbagai perusahaan yang Anda minati.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

Lanjutkan Membaca ↓