Sukses

3 Sektor Ini Jadi Perhatian Rucika untuk Ciptakan Solusi Total Sistem Perpipaan Indonesia

PT Wahana Duta Jaya Rucika (WDJR), produsen pipa Rucika berkomitmen untuk menjadi Solusi Total Sistem Perpipaan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta PT Wahana Duta Jaya Rucika (WDJR), produsen pipa Rucika berkomitmen untuk menjadi Solusi Total Sistem Perpipaan di Indonesia. Untuk mewujudkan misi tersebut, setidaknya terdapat 3 sektor yang menjadi perhatian utama.

1. Sektor Produk

Perseroan berkomitmen menghadirkan produk pipa berkualitas untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat dan infrastruktur baik ritel maupun non ritel.

PT Wahana Duta Jaya Rucika, menyediakan rangkaian lengkap pipa dan sambungan (fitting) ribuan jenis dengan merek Rucika dan lem PVC dengan merek RUglue untuk memenuhi segala kebutuhan sistem perpipaan baik ritel maupun non ritel.

"WDJR selalu berinovasi membawa sistem perpipaan baru ke Indonesia. Contohnya pada tahun 2014, menghadirkan pipa PVC-O untuk menggantikan pipa HDPE,” kata Aaron Widjaja, Bussiness Development Director PT Wahana Duta Jaya Rucika.

Selama 40 tahun hadir di Indonesia, perusahaan telah memasuk untuk ratusan ribu kilometer berbagai jenis pipa serta ribuan sambungan (fitting) untuk dipasang di jaringan perairan, gas, kabel dan sistem instalasi pipa lainnya di seluruh Indonesia.

Perseroan memiliki empat pusat produksi yang tersebar di Jawa Barat (Cibitung, Karawang, dan Lemahabang), serta di Jawa Timur (Ngoro-Mojokerto) dengan kapasitas total di atas 200 ribu ton dan telah memiliki sertifikat ISO 9001:2015 serta memenuhi standar SNI (Standar Nasional Indonesia), JIS (Japanese Industrial Standard), dan DIN (Deutsches Institut für Normung).

2. Sektor Partnership

Perseroan bekerjasama dengan partner-partner yang memiliki spesialisasi di bidangnya untuk menjamin produk yang berkualitas dan unggul. Selain bekerja sama dengan Wavin BV, Rucika menjalin mitra baru dengan perusahaan asal Austria dan Jepang. Ke Kelit dari Austria untuk pipa air panas dan dingin yang bertekanan, Poloplast juga dari Austria untuk low-noise piping system. Sedang kerja sama dengan perusahaan Jepang untuk spesialisasi fitting.  

"Perusahaan dari Jepang memiliki spesialisasi pada fitting atau sambungan pipa. Perusahaan Jepang ini memiliki sekitar 30.000 jenis produk fitting sementara di Indonesia baru tersedia 500 jenis dan Rucika sendiri telah memiliki 300 lebih jenis fitting. Untuk pipa air panas dan dingin bertekanan serta pipa peredam suara, kami bekerjasama dengan perusahaan Ke Kelit dari Austria dan Poloplast," kata Aaron Widjaja, Bussiness Development Director PT Wahana Duta Jaya Rucika di Jakarta.

"Banyak produk-produk PVC unggulan dari luar negeri dibawa masuk ke Indonesia oleh WVN, yang secara umum produknya belum ada di Indonesia padahal di luar negeri sudah sangat umum," kata Aaron Widjaja, Bussiness Development Director PT Wahana Vinyl Nusantara di Jakarta.

3. Sektor Servis

PT Wahana Duta Jaya Rucika komitmen menjadi Solusi Total Sistem Perpipaan, maka sektor servis kepada pelanggan juga menjadi perhatian penuh.

"Perseroan memiliki Technical Support Department yang sering berkunjung ke proyek-proyek untuk untuk membantu kontraktor, konsultan, developer, dan lainnya. Tim tech support juga membantu analisa kegagalan sistem perpipaan (jika ada), termasuk juga membantu pada aplikasi dan perhitungan system,” kata Aaron Widjaja.

Selain itu, perusahaan juga rutin memberikan edukasi dan konsultasi kepada para konsumen mulai dari kontraktor, aplikator dan tukang hingga mitra bisnis melalui seminar plumbing, Dikatakan oleh Aaron, kecenderungan sampai saat ini bukan masalah pada produk melainkan dari pengaplikasian atau penggunaan produk.

"Untuk beberapa produk baru dan yang masih belum familiar di masyarakat, kami memberikan edukasi dan seminar-seminar yang digelar secara rutin tiap tahunnya di beberapa kota di Indonesia," tutur Aaron.

Di luar jam kerja, perusahaan juga menggelar berbagai kegiatan bersama dengan mitra bisnis untuk mempererat hubungan. Misalnya dengan kegiatan nonton bareng, buka bersama, gathering mitra usaha. 

Untuk menghadapi persaingan bisnis dan memenuhi kebutuhan konsumen, perusahaan terus meningkatkan kualitas pelayanan salah satunya dengan memperkuat jalur pendistribusian.

“Kita selalu mencari cara untuk meningkatkan service level pengiriman dan distribusi produk ke mitra usaha dan ke toko-toko. Kita membuat distributor management software dan sales force automation untuk agent kita dan untuk mendukung operasional agen,” tambah Aaron.

Perusahaan telah terhubung dengan lebih dari 100 penyalur yang melayani lebih dari 30.000 toko bangunan di 66 kota. Produk sistem perpipaan yang sangat lengkap di Indonesia dengan lebih dari 4.500 jenis produk dengan prinsip kemitraan jangka panjang.

Perusahaan memiliki tiga pusat distribusi yang berlokasi di Tangerang, Medan dan Kutorejo. Fasilitas itu untuk mendukung pasokan produk dengan solusi perpipaan yang lengkap dan konsisten di seluruh Indonesia.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini