3 Anak Soeharto Ada di Jajaran Orang Terkaya Indonesia

Oleh Tommy Kurnia pada 25 Jul 2018, 18:00 WIB
Diperbarui 25 Jul 2018, 18:00 WIB
20160127-Soeharto

Liputan6.com, Jakarta - Setelah 20 tahun reformasi, kabar mengenai anak-anak Presiden RI ke-2 Soeharto mulai kembali muncul di ranah nasional. Setelah heboh akibat kemunculan Partai Berkarya yang dipimpin Tommy Soeharto, sekarang nama tiga anak Soeharto muncul di daftar orang terkaya Indonesia.

Terdapat tiga nama klan Soeharto yang muncul, yaitu Bambang Trihatmodjo, Siti Hardijanti Rukmana (Mbak Tutut), dan Hutomo Mandala Putra (Tommy). Mereka aktif di bidang seperti properti dan pembangunan jalan. 

Menurut daftar yang dirilis Globe Asia, total harta 3 anak Soeharto ini memiliki harta yang melebihi USD 1,125 miliar  atau sekitar Rp 16,25 triliun  (Kurs USD 1 = Rp 14.450). Untuk mengetahui peringkat dan harta kekayaan mereka, berikut tiga anak Soeharto yang masuk daftar orang terkaya Indonesia:

2 dari 4 halaman

3. Siti Hardijanti Rukmana (Mbak Tutut)

Tutut Kembali Bantu Golkar
Putri Mantan Presiden Soeharto akan menjadi juru kampanye Nasional partai Golkar dalam masa kampanye pemilu

Siti Hardijanti Rukmana, atau akrab disapa Mbak Tutut, merupakan putri pertama sekaligus anak pertama dari Keluarga Cendana. Wanita ini berada di peringkat 130 di daftar orang terkaya Indonesia.

Harta wanita berusia 71 tahun ditaksir mencapai USD 205 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun. Kekayaan Tutut bertambah USD 5 juta jika dibandingkan tahun lalu.

Nama Tutut memang sudah terkenal di dunia bisnis dan politik. Menurut Globe Asia, kekayaan Tutut berasal dari PT Citra Lamtoro Gung Persada yang bergerak di proyek properti, pengelolaan jalan tol hingga investasi.

3 dari 4 halaman

2. Bambang Trihatmodjo

Mayangsari dan suami, Bambang Trihatmodjo
Mayangsari dan suami, Bambang Trihatmodjo usai mencoblos dalam Pilkada DKI 2017. (Zulfa Ayu Sundari/Liputan6.com)

Bambang Trihatmodjo terkenal lebih low-profile, meskipun sempat menarik perhatian media massa ketika ia menikahi Mayangsari. Nama Bambang muncul di daftar orang-orang terkaya Indonesia, tepatnya di peringkat 124 dengan taksiran kekayaan mencapai USD 250 juta atau sekitar Rp 3,6 triliun.

Berbeda dengan sang kakak, harta Bambang justru tergerus sekitar USD 10 juta jika dibandingkan tahun lalu. Menurut Globe Asia, kekayaan Pria berusia 64 tahun ini berasal dari PT Asriland yang bergerak di bidang properti.

Di samping itu, nama Bambang juga mulai kembali dikenal publik karena pesona kedua putranya yang mendapat perhatian media massa.

4 dari 4 halaman

1. Hutomo Mandala Putra (Tommy)

Ingat, Ini Daftar Nomor Urut 14 Parpol Peserta Pemilu 2019
Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Tommy Soeharto (tengah) mendapatkan nomor 7 sebagai peserta pemilu 2019 saat pengundian nomor urut parpol di kantor KPU, Jakarta, Minggu (19/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto adalah putra bungsu dari Soeharto, sekaligus anak terkaya dari Presiden RI ke-2. Tommy berada di peringkat 60 dengan harga yang ditaksir USD 670 juta atau sekitar Rp 9,7 triliun.  Dalam setahun terakhir, kekayaan Pria berusia 56 tahun itu bertambah USD 10 juta.

Bila dilihat sejarahnya, sudah banyak bisnis-bisnis yang dikelola Tommy berkat statusnya sebagai anggota keluarga Cendana, mulai dari mobil nasional dan cengkeh. Sekarang, hartanya berasal di bidang properti lewat Humpuss Group yang memiliki sejumlah hotel. 

Lanjutkan Membaca ↓