Sukses

Seleksi CPNS 2018 Masih Tunggu Perhitungan Keuangan Negara

Validasi data seleksi penerimaan CPNS 2018 akan selesai pada akhir juli ini.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) membenarkan bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kini sedang menggodok proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018).

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyatakan, proses seleksi penerimaan CPNS 2018 akan dibagikan jika keuangan negara telah siap.

"Belum ada update ataupun informasi tambahan terbaru. Sesuai yang dikatakan oleh Menteri PANRB Pak Asman, akan diumumkan jika keuangan negara sudah siap," tuturnya saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (24/7/2018).

Seirama, Kepala Biro, Hukum, Komunikasi dan Informasi Kementerian PANRB Mudzakhir menjelaskan, PANRB akan koordinasi lebih lanjut kepada Kementerian dan Lembaga (K/L) untuk penerimaan CPNS 2018 tersebut.

"Belum ada ancar-ancar ya, karena sekarang Kementerian PANRB harus koordinasi dengan K/L terkait, jadi kita tidak bisa tentukan sendiri," kata dia.

Mudzakir menambahkan, semua proses termasuk keuangan negara akan ditindaklanjuti pada fase ini.

"Tidak cuma keuangan negara saja, semua proses termasuk dukungan keuangan dan lainnya akan segera ditindaklanjuti," ujarnya.

Sebagai informasi saja, sebelumnya Mudzakhir mengatakan validasi data seleksi penerimaan CPNS 2018 akan selesai pada akhir juli ini.

Kini ia menekankan, proses seleksi penerimaan CPNS 2018 akan dibagikan pada masyarakat jika semua proses, termasuk keuangan negara telah siap.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Validasi Formasi untuk Penerimaan CPNS 2018 Hampir Selesai

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyampaikan, proses validasi data untuk menetapkan formasi akhir sistem seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) kini sedang mendekati tahap akhir.

"Sudah mendekati final," ungkap Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Kementerian PANRB Mudzakir, saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (20/7/2018).

Mudzakir berharap, informasi mengenai CPNS 2018 yang banyak ditunggu masyarakat ini dapat segera diumumkan apabila proses validasi data dari berbagai kementerian telah benar-benar rampung. 

"Kita berharap banget (CPNS 2018) dapat segera diumumkan. Prinsipnya, kita ingin secepatnya," ujar dia.

Sebelumnya, Menteri PANRB Asman Abnur sempat membuka kemungkinan untuk dapat mengumumkan tahap penarikan CPNS angkatan 2018 antara akhir Juli ini atau awal Agustus mendatang.

Lebih lanjut, Mudzakir pun turut memberikan tanggapan terkait kabar viral soal penerimaan CPNS 2018 yang lagi-lagi muncul di media sosial.

Baru-baru ini, tersiar informasi perihal petunjuk teknis mengenai persyaratan pemberkasan usulan CPNS di daerah dari tenaga honorer se-kabupaten di Indonesia pada 2018-2019.

Menurutnya, post yang ramai beredar di media sosial tersebut tidak benar alias hoax, sebab hanya Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sajalah yang berhak menyampaikan informasi resmi terkait CPNS 2018.

"Itu hoax ya. Nanti Kementerian PAN-RB yang akan sampaikan info tentang formasi dan pengelolaan rekrutmen (CPNS 2018) di BKN," tukas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.