Sukses

4 Cara Ampuh Hadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan

Bagaimana jika pekerjaan ternyata memaksa Anda harus sering berhubungan dengan rekan kerja yang menyebalkan?

Liputan6.com, Jakarta Saat di kantor, kita sudah pasti akan bertemu dan berinteraksi dengan rekan kerja yang memiliki kepribadian berbeda-beda, termasuk rekan kerja yang menyebalkan sekalipun.

Untuk menghadapi hal tersebut, Anda harus berjiwa besar dan belajar menerima rekan kerja Anda. Atau lebih baiknya, Anda bisa meminimalkan berkomunikasi dengannya.

Namun bagaimana jika pekerjaan ternyata memaksa Anda harus sering berhubungan dengan rekan kerja yang menyebalkan tersebut?

Tetap tenang, berikut empat cara ampuh untuk menghadapi rekan kerja yang menyebalkan, seperti dikutip dari laman Cheatsheet.com, Senin (23/7/2018):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ajak bicara

Beberapa orang benar-benar tidak menyadari bahwa mereka berarti atau justru malah menjengkelkan. Jika Anda menghadapi mereka secara langsung, mungkin mereka benar-benar dapat menghargai kejujuran Anda.

Sebaiknya, mulai sisihkan waktu khusus untuk bertemu dengan rekan kerja Anda secara pribadi agar tidak mempermalukannya. Jelaskan apa yang mengganggu Anda, tapi jangan menyerang atau menuduh mereka memiliki niat buruk jika Anda benar-benar tidak tahu mereka sengaja atau tidak. Jika mereka bereaksi negatif, maka Anda perlu mencoba cara lain.

3 dari 5 halaman

2. Bersikap lebih menyenangkan

Jika diskusi langsung dengannya ternyata tidak membantu, maka mungkin mengubah perilaku atau sikap Anda dapat menjadi salah satu cara. Menjadi sosok yang menyenangkan tentunya akan dapat mencairkan hati yang terdingin sekalipun.

Namun, jika hal itu tetap tidak mengubah kepribadiannya, mungkin perubahan perilaku Anda secara tiba-tiba terhadapnya cukup membuatnya terkejut.

4 dari 5 halaman

3. Berikan mereka kesempatan untuk bersinar

Kadang-kadang mungkin ada rekan kerja yang egois. Ada dua pilihan untuk meresponnya, yaitu dengan mengabaikan perilaku buruknya, atau dengan membiarkan mereka bersinar.

Meski tampaknya tidak adil bahwa Anda harus membantu rekan kerja yang menjengkelkan, namun penting untuk diingat bahwa dengan cara itu bisa saja membuat rekan kerja lebih bahagia, maka kemungkinan mereka akan memperlakukan Anda lebih baik.

Puji ketika mereka melakukan pekerjaan dengan baik, membantu proyek mereka jika Anda bisa, dan menghindari berbicara buruk tentang mereka kepada orang lain di kantor.

5 dari 5 halaman

4. Menjauh

Jika Anda sudah mencoba berbagai macam cara untuk meningkatkan interaksi dengan rekan kerja menyebalkan tapi malah selalu gagal, maka Anda mungkin perlu untuk melepaskan harapan. Cara lain untuk melepaskan adalah dengan mencoba untuk menghindarinya.

Akan tetapi, jika rekan kerja sudah bersikap keterlaluan, Anda dapat coba untuk berbicara langsung kepada atasan perihal ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini