Sukses

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Bergaji 5 Juta

Tips mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji Rp 5 Juta per bulan dan tetap bisa menabung untuk masa depan.

Liputan6.com, Jakarta Buat kalian yang berencana berumah tangga atau menikah di usia muda, namun pendapatan baru Rp 5 Juta per bulan jangan takut dan berkecil hati. Kamu tetap bisa mengatur keuangan buat masa depan keluarga meskipun gaji tergolong kecil dan belum memiliki rumah sendiri. 

Berikut ini tips mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji Rp 5 Juta per bulan dan tetap bisa menabung untuk masa depan.

1. Sewa Rumah

Pertama, alokasi pengeluaran untuk tempat tinggal terutama buat kamu yang tidak tinggal serumah dengan orang tua maupun mertua. Kamu bisa alokasikan untuk sewa rumah maksimal 20 persen dari gaji bulanan kamu. Artinya, kamu bisa anggarkan Rp 1 Juta per bulan.

2. Memasak di Rumah

Kedua, untuk kebutuhan makanan dan minuman sehari-hari bisa disiasati dengan memasak di rumah. Salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga yang paling ampuh adalah memasak di rumah daripada setiap hari beli makanan. Untuk pos makanan lauk-pauk selama sebulan, kamu bisa anggarkan Rp 1 Juta.

3. Kebutuhan Dapur dan Pelengkapan Mandi

Dalam rumah tangga pasti ada kebutuhan dapur dan kamar mandi serta perlengkapan lainnya, kamu bisa anggarkan Rp 300 Ribu per bulan untuk keperluan ini

4. Kebutuhan Istri

Sebagai kepala rumah tangga, tentunya kita juga memikirkan kebutuhan istri misalnya pakaian, make up, dan keperluan istri lainnya. Kamu bisa anggarakan Rp 900. Jangan pelit-pelit sama Istri, karena kecenderungan uang dari suami juga ditabung olehnya untuk masa depan.

5. Transportasi Sehari-hari dengan Motor

Sebelum merencanakan berumah tangga, usahakan ketika masih single dan bekerja kamu sudah memiliki motor. Tujuannya untuk menekan pengeluaran ketika berumah tangga, kamu tidak memiliki cicilan barang mewah.

Untuk kebutuhan motor dan sejenisnya, kamu bisa anggarkan Rp 250 Ribu. Setiap isi bbm sebaiknya langsung full dan di pom terdekat supaya lebih hemat dan baik untuk kondisi motor.

6. Tagihan Air dan Listrik

Tak bisa dipungkiri bahwa air dan listrik adalah bagian penting dalam berumah tangga. Agar kehidupan rumah tangga nyaman dan lancar, pastikan membayar tagihan air dan listrik tepat waktu. Kamu bisa alokasikan dana sekitar Rp 400 Ribu. Bayar tagihan listrik, bayar PDAM mudah dan cepat bisa kamu lakukan di Tokopedia. Selain mudah, juga bisa dapat cashback.

7. Tagihan Komunikasi dan Internet

Semua hal sekarang bisa dilakukan dengan smartphone dan internet. Untuk kamu dan pasangan, bisa alokasikan dana Rp 200 ribu sehingga masing-masing bisa menggunakan paket internet dan telpon Rp 100 Ribu per bulan. Untuk kebutuhan komunikasi kamu juga bisa akses di marketplace Tokopedia karena banyak daftar produk digital di Tokopedia dengan promo dan bonusyang menarik.

8. Tabungan

Memiliki pendapatan kecil bukan berarti tidak bisa menabung untuk masa depan, apalagi jika sudah berumah tangga. Alokasikan pendapatan kamu untuk tabungan sekitar Rp 500 Ribu. Bukan simpanan yang ditaruh di bank saja, tapi juga untuk investasi lain seperti reksadana, asuransi maupun emas.

9. Rekreasi

Biar tidak stress menjalani kehidupan rumah tangga, maka perlu sekali mengalokasikan dana untuk rekreasi. Karena kamu masih pasangan baru, gak ada salahnya mengalokasikan sebesar Rp 250 Ribu per bulan.

10. Dana Darurat

Mengatur keuangan rumah tangga yang bergaji Rp 5 juta memang penuh tantangan, namun bukan berarti ini jadi alasan untuk kamu tak memiliki dana darurat. Untuk jaga-jaga saja sisihkan Rp 200 Ribu.

Nah, jika masing-masing poin di atas memiliki kelebihan, alokasikan untuk simpanan dan perencanaan membeli perabotan rumah tangga. Selamat mengatur keuangan.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.