Ratusan BUMN Bakal Pamer Produk Unggulan di Surabaya

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 19 Jul 2018, 12:06 WIB
Diperbarui 21 Jul 2018, 11:13 WIB
Ilustrasi pameran.
Liputan6.com, Jakarta Pameran yang menampilkan produk-produk unggulan BUMN, IBD Expo akan kembali digelar. Kali ini pameran yang melibatkan lebih dari 100 BUMN ini akan berlangsung di Surabaya pada 3-6 Oktober 2018.
 
Pelaksanaan IBDExpo 2018 tersebut bertempat di Grand City, Surabaya, Jawa Timur. IBDExpo 2018 digelar Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (LKBN ANTARA) bersama Balai Pustaka (BP), Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI). Tiga BUMN yang tergabung dalam NPNC. Pameran kali ini mengambil tema 'Tak Henti Membangun Negeri'.
 
"Pameran  yang tahun lalu digelar di area Jakarta Convention Center dan diikuti 101 BUMN dan 10 korporasi nasional dan multinasional itu dimaksudkan sebagai gerbang informasi bisnis dan pembangunan Indonesia," kata Wakil Ketua Panitia IBDExpo 2018 Satrijo Sigit Wirjawan kepada media, Kamis (19/7/2018).
 
Perhelatan ini juga menjadi ajang pertemuan bergengsi para pelaku usaha BUMN, BUMD, perusahaan swasta nasional dan internasional, serta perwakilan lembaga pemerintah non-kementerian.
     
Pameran yang dibuka dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB ini pun menawarkan peluang-peluang bisnis terbaik, promosi dan pengenalan produk, serta sarana pertemuan para pelaku bisnis.
 
Tak hanya itu, para peserta pameran pun mendapatkan arahan langsung dari kepala pemerintahan dan pejabat negara mengenai kebijakan pemerintah terkait BUMN sehingga mereka diharapkan mengerti secara detil kebijakan pemerintah kepada BUMN.
 
"Kita sudah agendakan untuk acara ini akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo," tambah Sigit.
 
Peserta pun, menurut Sigit, dapat saling bertukar pengalaman dalam mengatasi permasalahan korporasi, serta urun rembug nasional eksekutif BUMN dari seluruh Indonesia.
 
 
2 dari 2 halaman

Kegiatan Utama

Ilustrasi pameran.
Ilustrasi pameran.(Liputan6.com/Fery Pradolo)
Selama empat hari penyelenggaraan, perhelatan tahunan NPNC ini tidak hanya diisi dengan kegiatan utama seperti pameran, acara pembukaan, CEO BUMN Talks, konferensi pers pimpinan BUMN, seminar, dan business matching. 
  
IBDExpo 2018 ini juga dimeriahkan dengan serangkaian program yang menarik, seperti BUMN Career Opportunity, rekor muri, Festival Kopi Nusantara, Konser Musik Untuk Negeri, Rumah Pangan Kita, Balkondes, Rumah Kreatif BUMN, dan RKB Award.
 
Sigit menjelaskan, terkait dengan rekor muri dan festival kopi Nusantara, dua kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh keinginan  Kementerian BUMN agar brand (merek) nasional Indonesia, khususnya kedai kopi garapan perusahaan BUMN, bisa menyaingi perusahaan kedai kopi terbesar dunia Starbucks. 
 
Saat ini banyak BUMN yang memiliki merek yang cukup dikenal, namun hampir semuanya berdiri sendiri-sendiri. Untuk itu, Panitia IBDExpo 2018 akan menyelenggarakan Festival Kopi Nusantara dan Rekor Muri Minum Kopi Terbanyak dengan mengundang BUMN terkait untuk berpartisipasi.
 
"Untuk itu kita targetkan pengunjung bisa mencapai 60 ribu orang," pungkasnya. 
Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait