Sukses

Jasa Marga Siap Berikan 30 Persen Lahan Rest Area untuk UMKM

Jasa Marga saat ini diberikan amanat untuk mengelola sejumlah rest area, baik yang dioperasikan secara mandiri perseroan maupun lewat kerjasama dengan pihak ketiga.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno beberapa waktu lalu sempat mengimbau para operator jalan tol untuk menyisihkan sedikitnya 30 persen tempat di rest area tol kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal. Itu dilakukan guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar ruas jalan tol.

Menanggapi hal tersebut, PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai salah satu perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang penyelenggara jasa jalan tol menyatakan, sudah mempersiapkan 15 rest area terbarunya untuk ikut diisi pelaku UMKM setempat.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru menjelaskan, Jasa Marga saat ini diberikan amanat untuk mengelola sejumlah rest area, baik yang dioperasikan secara mandiri perseroan maupun lewat kerjasama dengan pihak ketiga. Dari jumlah tersebut, sebanyak 9 rest area dioperasikan sendiri oleh Jasa Marga.

"Untuk yang sudah eksisting, saya beri contoh, rest area Km 207 Palikanci. Di sana ada lebih dari 25 UMKM untuk satu rest area. Jadi sebenarnya itu sudah cukup tinggi," ungkap dia kepada Liputan6.com, seperti dikutip Rabu (18/7/2018).

Dia pun mengkalkulasi, ada sekitar 400 UMKM yang kini bermukim di rest area kepunyaan Jasa Marga. "Secara keseluruhan di ruas tol milik kita, mulai dari Jakarta-Tangerang, Jagorawi, Jakarta-Cikampek, Purbaleunyi, Palikanci, Semarang Seksi A-B-C, itu ada sekitar 400 UMKM yang sudah eksisting," papar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tol Baru

Jasa Marga saat ini tengah membangun beberapa jalan tol baru di ruas Trans Jawa. Mulai dari Tol Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, sampai Surabaya-Mojokoerto. Ia pun menyebutkan, terdapat sekitar 15 rest area baru di sejumlah jalan tol teranyar itu.

"Kami perkirakan ada sekitar 15 rest area. Di 15 rest area tersebut, kita komitmen untuk mengalokasikan 30 persen tempat untuk UMKM di rest area yang baru itu," kata Heru.

Adapun ia menganggap, Jasa Marga telah punya visi yang sejalan dengan arahan pemerintah lewat Presiden RI Joko Widodo, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, yang hendak memanfaatkan keberadaan jalan tol untuk bantu meningkatkan perekonomian di kawasan sekitarnya.

"Makanya di 15 tempat yang baru itu, kami bekerjasama dengan pemerintah lokal untuk batu berikan kesempatan bagi UMKM. Baik itu nantinya akan dalam bentuk usaha kerajinan atau kuliner, tentu itu mengandalkan sumber daya setempat," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini