Sukses

Bangladesh Jajaki Potensi Investasi di RI

Hingga saat ini infrastruktur investasi di Bangladesh masih sederhana dan konvensional.

Liputan6.com, Jakarta Bursa Efek Indonesia (BEI) menerima kedatangan Primary Dealers Bangladesh Limited (PDBL) pada Rabu (18/7/2018) ini. PDBL merupakan asosiasi perbankan dari Bangladesh.
 
Direktur PT Penilai Harga Efek Indonesia (Indonesia Bond Pricing Agency/IPBA) Wahyu Trenggono mengatakan, kedatangan asosiasi bank Bangladesh dalam rangka melihat potensi pasar investasi yang bisa dikembangkan di masing-masing negara.
 
Wahyu menjelaskan, hingga saat ini infrastruktur investasi di Bangladesh masih sederhana dan konvensional.
 
"IPBA disini tugasnya memfasilitasi mereka untuk bisa dialog langsung dengan otoritas dan pelaku pasar. Kita ajak ketemu dengan asosiasi, money market broker, OJK dan Kementerian Keuangan. Harapanya mereka bisa kembangkan pasar di Indonesia," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta.
 
Sedangkan peluang untuk Indonesia, kata Wahyu, dapat berupa penilaian teknikal (technical assistant).
 
"Kita bisa berikan mereka technical assistant. Ini peluang kepada para pengusaha di Indonesia. Misal, di Bangladesh belum ada kantor money market broker, kita bisa buka cabang di sana. Baik dari perbankan, money market broker, atau IPBA-nya sendiri kita bisa tawarkan jasa," kata dia. 
 
Oleh karena itu, Wahyu menekankan Indonesia membuka penuh segala potensi kerjasama yang dapat dikembangkan dengan Bangladesh. 
 
"Potensi dari semua aspek, baik itu G2G (government to government) dan B2B. Kita ajak dialog, apa yang mereka belum punya. Kita di Indonesia sudah ada bond pricing agency dan money market broker. Nah mereka belum ada sama sekali," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ultah ke-26, BEI Ingin Investor Ritel Makin Banyak Investasi

Manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi merayakan hari ulang tahun ke-26. BEI mengusung tema Asian Games 2018 saat merayakan hari spesialnya.

Hadir pada ulang tahun perusahaan Direktur Utama BEI Inarno Djayadi, Mantan Atlet Bulutangkis Liem Swie King, Mantat Atlet Renang John D Item, dan Legenda Tinju Indonesia Chris John serta Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) Erick Thohir. 

Mengangkat tema Asian Games, Inarno menuturkan ini sejalan dengan tren investasi yang sudah meluas ke berbagai lapisan masyarakat.

"Hari ini merupakan HUT BEI ke-26, tahun ini kami mengangkat tema yang menunjukkan keterkaitan erat antara olahraga dan investasi, yakni di dalam tubuh yang sehat terdapat minat investasi yang kuat," tutur dia di Gedung BEI, Jumat (13/7/2018).

Senada, Mantan Direktur Utama BEJ Hasan Zein Mahmud berpesan agar semakin banyak investor ritel yang masuk di pasar modal. Lantaran ia menyebutkan investor di perusahaan ritel masih tergolong minim.

"Pesan saya, agar investor ritel mau masuk dan berinvestasi ke pasar modal. Sekali lagi, saya ucapkan selamat ulang tahun kepada BEI," ujar dia. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini