Kekayaan Jeff Bezos Sentuh Rp 2.158 Triliun, Hampir Setara APBN 2018

Oleh Tommy Kurnia pada 17 Jul 2018, 19:00 WIB
Diperbarui 17 Jul 2018, 19:00 WIB
Jeff Bezos
Perbesar
Jeff Bezos (Kevin Wolf/AP Images for Human Rights Campaign)

Liputan6.com, Jakarta - Kekayaan CEO Amazon Jeff Bezos menyentuh rekor terbaru, yakni USD 150 miliar atau sekitar Rp 2.158 triliun pada kurs saat ini. Artinya, Bezos mengalahkan pencapaian Bill Gates.

Kekayaan puncak Bill Gates adalah USD 149 miliar pada 1999 lalu (inflasi sudah disesuaikan). Namun, perlu diingat bahwa Gates sering menyumbangkan uangnya ke yayasan miliknya, dan sekarang terdapat selisih USD 50 miliar antara kekayaannya dan Bezos.

Bila boleh dibandingkan, Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018 sebesar Rp 2.220 triliun, selisihnya sekitar Rp 62 triliun triliun. Melonjaknya kekayaan Bezos beriringan dengan Amazon Prime Day, ketika barang-barang mendapatkan diskon terbaik.

Saat ini, Bezos masih ada di posisi puncak di Index Miliarder Bloomberg, diikuti oleh Bill Gates, Bernard Arnault, Warren Buffett, dan Mark Zuckerberg.

Belakangan ini, harta para miliarder terkaya memang sedang naik-turun. Belakangan ini, Mark Zuckerberg sempat berada di posisi tiga dengan menggeser Buffett, tapi kemudian turun di peringkat lima. Sementara itu, Buffett baru saja turun ke peringkat empat karena menyumbangkan puluhan miliar dolar AS hartanya.

Tetapi, Jeff Bezos masih konsisten di peringkat satu. Amazon sedang menghadapi pemogokan kerja di Eropa dan dikritik karena kondisi kerja yang buruk di gudang mereka.

2 dari 3 halaman

Jadi Orang Terkaya Sejagat, Ini 3 Sosok Panutan Jeff Bezos

Jeff Bezos
Perbesar
Jeff Bezos (AP PHOTO)

Menjadi orang terkaya nomor satu di dunia, kesuksesan Jeff Bezos tidak terlepas dari orang-orang yang dianggapnya sebagai contoh teladan dalam hidupnya. Hal ini tentu sedemikian berharga mengingat Bezos perlu untuk senantiasa inovatif dan kreatif di industri yang serba cepat pada era ini. 

Dengan harta kekayaan mencapai USD 135 miliar atau Rp 1,9 kuadriliun (asumsi kurs Rp 14.197 per dolar Amerika Serikat), Bezos setidaknya memiliki tiga orang panutan khusus dalam berbisnis. 

Orang-orang tersebut, menurut Bezos, membantunya untuk terus berusaha lebih dan menargetkan standar yang tinggi. Siapa saja mereka? Melansir dari laman CNBC, Selasa (22/5/2018) berikut tiga panutan yang dilihat Jeff Bezos dalam berbisnis: 

1. Warren Buffett

Dalam dunia bisnis, Bezos menyebutkan bahwa ia telah lama mengagumi Warren Buffett serta menjadikan dirinya sebagai panutan untuk mencapai kesuksesan. "Dalam dunia bisnis, saya merupakan penggemar setia Warren Buffett sejak di usia 20 tahun. Saya membaca apa-apa saja yang ia tulis," tuturnya. 

Kata Bezos, kebiasaan-kebiasaan positif Buffett seperti jangan terjebak pada utang, kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang baik serta bangunlah kebiasaan positif selagi muda telah menginspirasi dirinya untuk selalu mencoba dan berani mengambil tantangan. 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

CEO JP Morgan, Jamie Dimon
Perbesar
CEO JP Morgan, Jamie Dimon

2. Jamie Dimon

Selanjutnya ialah Jamie Dimon, CEO JP Morgan Chase. 

"Jika saya pemegang saham terbesar di JP Morgan Chase, saya akan bangun tiap Senin pagi untuk minum kopi bersama Jamie. Saya rasa dia pemimpin yang hebat di perusahaan yang sungguh luar biasa rumit," tuturnya. 

3. Bob Iger

Terakhir ialah CEO Disney, Bob Iger. Berhasil membeli Pixar seharga USD 7,6 miliar atau Rp 107,89 triliun pada tahun 2006, Iger juga diketahui telah banyak mengakuisisi perindustrian film seperti Lucasfilm dan juga Marvel. 

"Saya rasa dia merupakan sosok pemimpin yang hebat, saya mungkin juga akan mengajaknya untuk makan bersama," tandas Bezos.

Lanjutkan Membaca ↓