Pasokan Minim, Harga Cabai Rawit Merah Masih Tinggi

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 16 Jul 2018, 11:12 WIB
Diperbarui 16 Jul 2018, 11:12 WIB
(Foto: Liputan6.com/Maulandy R)
Perbesar
Pantauan pasar harga cabai (Foto:Liputan6.com/Maulandy R)

Liputan6.com, Jakarta - Harga sejumlah komoditas sayuran di pasar tradisional masih terpantau tinggi pada Senin (16/7/2018). Hal itu disebabkan pasokan dari pihak pengepul yang masih terbatas. Salah satunya, harga cabai rawit merah

Uus (50), pedagang sayuran di Pasar Kebayoran Lama mengatakan, harga cabai rawit merah terus naik sejak pekan lalu, dan kini ia menjualnya pada kisaran Rp 60 ribu per kg.

"Rawit merah lagi naik, Rp 60 ribu (per kg), tadinya Rp 40 ribu (per kg). Sudah seminggu ini naiknya," keluh dia kepada Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (16/7/2018).

Uus menambahkan, harga cabai meroket lantaran pasokan dari pengepul kurang. "Kosong," jawabnya singkat.

Jika ditelusuri lebih jauh, harga cabai rawit merah yang kini dijual Uus justru cenderung masih berada di bawah harga pasaran. Sebab, pedagang lain di tempat yang sama seperti Utin (47) menyampaikan, harga cabai rawit merah stabil tinggi pada angka Rp 65 ribu sejak sepekan lalu.

"Masih 65 ribu per kg, sama seperti kemarin-kemarin. Belum turun lagi harganya," ungkap Utin.

Sementara itu, kenaikan harga juga terjadi untuk komoditas cabai lain, seperti cabai rawit hijau dan cabai merah keriting. Uus menyatakan, cabai rawit hijau di tempatnya adalah Rp 45 ribu per kg, naik dari harga normal Rp 30 ribu per kg.

"Kalau cabai merah keriting sekarang Rp 35 ribu per kg, biasanya aja Rp 30 ribu (per kg)," ujar dia.

Lonjakan harga jual pun ikut berdampak pada komoditas sayuran lain di lapak dagangannya. Seperti kentang, yang sudah sepekan ini naik dari Rp 10 ribu per kg jadi Rp 14 ribu per kg. Begitu juga tomat buah, yang menanjak dari Rp 10 ribu per kg menjadi Rp 12 ribu per kg.

Beda cerita dengan komoditas bawang, yang justru harganya menurun dalam waktu dekat ini. Uus mengumumkan, bawang merah yang ia tawarkan saat ini harganya Rp 30 ribu per kg, turun dari Rp 35 ribu per kg.

"Sudah semingguan ini turunnya. Bawang putih (bulat) juga, dari Rp 35 ribu (per kg) sekarang Rp 30 ribu (per kg). Kalau yang (bawang putih) cutting itu Rp 35 ribu (per kg), sebelumnya Rp 40 ribu (per kg)" ucapnya.

Penurunan harga ini, kata dia, disebabkan oleh jumlah permintaan pasar yang banyak. "Mereka (pengepul) beralasan katanya permintaan lagi banyak," Uus menandaskan.

 

Harga Cabai Rawit Merah pada Akhir Pekan Lalu

Cabai
Perbesar
Harga cabai rawit merah mengalami kenaikan harga sebesar Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram. Jika sebelumnya dijual Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu, kini harga cabai berkisar Rp 55 ribu hingga Rp 60 ribu per kilogram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya harga cabai rawit tercatat menyentuh harga Rp 70 ribu per kilogram (kg), sekarang harganya sudah turun sedikit menjadi di kisaran Rp 65 ribu per kg.

Pedagang di Pasar Palmerah, Noor, mengatakan harga cabai rawit merah adalah Rp 65 ribu per kg. Sementara, harga untuk cabai merah keriting adalah Rp 35 ribu per kg, dibandingkan sebelumnya yang sempat menyentuh Rp 40 ribu per kg.

"Cabai keriting merah, Rp 35 ribu. Cabai rawit merah 65 ribu, cabai rawit hijau Rp 40 ribu," ujar dia ketika berbincang bersama Liputan6.com, Jumat (13/7/2018) di Pasar Palmerah, Jakarta.

Ketika ditanya tentang harga yang masih belum jauh berbeda ketika saat Lebaran, ia mengaku tidak mengetahui alasannya.

Harga bawang merah dan bawang putih juga terpantau setara, yakni sama-sama seharga Rp 35 ribu per kg. Noor mengaku harga tersebut sudah turun.

"Bawang putih dan merah sekarang 35 ribu sekilonya, itu sudah turun," ujar dia.

Selain cabai, harga buncis Rp 30 ribu per kg. Tomat terpantau turun menjadi Rp 12 ribu per kg. Sementara, timun dan wortel naik ke Rp 2.000, yaitu menjadi Rp 10 ribu dan Rp 12 ribu per kg.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓