5 Kerja Sambilan Populer yang Bisa Kamu Ambil

Oleh Tommy Kurnia pada 15 Jul 2018, 19:15 WIB
Ilustrasi Generasi Milenial (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Bila sedang libur kuliah dan butuh uang lebih, atau masih menunggu panggilan kerja setelah lulus, mungkin tak ada salahnya mencoba kerja sambilan.

Pada dasarnya, kerja sambilan memang tidak menawarkan tangga karier yang begitu menjanjikan. Namun, bukan berarti kerja sambilan tak memiliki keuntungan tersendiri.

Kerja sambilan bisa jadi tempat untuk belajar terlebih dulu tentang beradaptasi di dunia kerja, apalagi untuk orang yang sebelumnya belum pernah berkarier. Bisa juga untuk belajar mengenali gaji.

Selain itu, saat kerja sambilan juga bisa bertemu orang-orang dan pengalaman menarik. Bila tertarik untuk bekerja sambilan, berikut lima kerja sambilan yang bisa dicoba, seperti yang dirangkum dari US News.

2 of 6

1. Waiter, Bartender, Barista

Bartender
foto: pixabay

Bagi yang hobi berinteraksi dengan orang-orang baru atau ingin fokus di industri hospitality, pekerjaan jadi pelayan maupun bartender bisa dijadikan pilihan utama.

Pekerjaan menjadi bartender pun memiliki sisi kerennya tersendiri. Apabila kamu tidak suka kerja di bar, solusinya bisa bekerja sebagai barista untuk menyajikan kopi enak bagi pelanggan.

3 of 6

2. Pengemudi

[Bintang] Jadi Driver Taksi Online, Alasan Pria Ini Malah Bikin Banyak Orang Kesal
Seorang penumpang taksi online menceritakan pengalamannya yang unik saat berbincang dengan driver taksi online. (Ilustrasi: Pexels.com)

Sopir transportasi online belakangan ini sangat populer. Perempuan pun sudah mulai ikut aktif di sektor ini.

Pilihan layanannya pun ada banyak. Bila kamu sudah punya mobil sendiri, bisa mencoba menjadi sopir mobil, atau bila kamu kurang suka dibuat sibuk penumpang, kamu bisa mengambil tugas sebagai sopor antar makanan atau barang.

4 of 6

3. Pelatih/Instruktur Olahraga

Ilustrasi atlet
Meski harus terpisah dengan ibu saat menjalani karantina, para atlet tetap menunjukkan kasih sayang dan permintaan maafnya dengan cara unik. Apa yang mereka lakukan?

Pelatih/instruktur olahraga bisa dilakukan Lelaki dan perempuan. Bila kamu memiliki minat atau hobi terkait kebugaran fisik, tak ada salahnya menjadi melatih tim atau jadi instruktur gym maupun senam aerobik.

5 of 6

4. Pegawai Ritel

[Bintang] Kasir
Ilustrasi kasir supermarket. (via hercampus.com)

Menjadi pegawai ritel memiliki satu keunggulan utama, yakni memberikanmu banyak teman baru, karena biasanya perusahaan ritel mempekerjakan banyak orang.

Bila kamu berkarier dengan sungguh-sungguh, kamu bisa sekalian memakai kesempatan ini untuk mempelajari hal-hal seputar bisnis, seperti mengenai suplai, konsumen, atau barang yang trending saat ini.

6 of 6

5. Interpreter dan Translator

Pasangan (iStockphoto)
Ilustrasi pasangan jalan bersama (iStockphoto)

Bisa bahasa asing? Daripada kemampuan itu dibiarkan menganggur, lebih baik jadikan jembatan untuk mempersatukan kedua belah pihak yang dipisahkan jurang bahasa.

Menjadi interpreter akan membuatmu bertemu orang-orang asing yang bisa memberikan pelajaran baru mengena bidang mereka. Sementara, menjadi translator akan mewajibkanmu untuk banyak baca. Jadi, selain dapat uang, ilmunya pun juga banyak.

Intepreter di sini pun tidak sebatas bahasa asing saja, tapi bahasa isyarat dapat dipertimbangkan juga.

Lanjutkan Membaca ↓