Sukses

Menteri Rini: Pengoperasian Tol Kartasura-Sragen Bakal Putar Roda Ekonomi

Jalan Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen telah resmi beroperasi mulai hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen telah resmi beroperasi. Ruas tol sepanjang 35,2 Kilometer (Km) tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada hari ini, 15 Juli 2018.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan pengoperasian infrastruktur Jalan Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen akan menjadi konektivitas baru yang berdampak positif bagi ekonomi daerah dan nasional. Kehadiran ruas tol ini juga diyakini secara perlahan dapat meningkatkan sektor pariwisata setempat.

"Konektivitas ini penting dalam upaya merangsang pertumbuhan ekonomi daerah. Pemerintah dan BUMN juga tidak akan berhenti sampai di sini. Setelah ini semua rampung kami akan terus melakukan berbagai rangsangan kembali, salah satunya dengan membina dan mengelola UMKM pada setiap rest area," kata Rini di sela-sela acara peresmian ruas tol Kartasura - Sragen, Minggu (15/7/2018).

Menurut Rini, jalan tol Solo-Ngawi merupakan salah satu ruas fungsional yang sangat berperan penting dalam melancarkan arus mudik Lebaran 2018 beberapa waktu lalu. "Kini, seluruh ruas fungsional tersebut dikebut kembali pengerjaannya sehingga sampai dengan akhir tahun ruas-ruas tersebut bisa dengan resmi beroperasi guna melayani perjalanan masyarakat," imbuh Rini.

Jalan tol yang dikelola oleh PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) yang merupakan entitas bisnis PT Jasa Marga (Persero) Tbk ini akan menerapkan pembayaran nontunai, sehingga pengguna jalan tol yang akan melakukan transaksi tol harus mempersiapkan uang elektronik dengan kecukupan saldo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gardu Tol

Nantinya, jalan tol Solo - Ngawi akan dilengkapi dengan lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Kartasura (Colomadu), GT Bandara, GT Ngemplak, GT Karanganyar (Kebakkramat), GT Sragen Timur (Pungkruk), dan GT Ngawi (Kota Ngawi).

Pengoperasian ruas Kartasura - Sragen ini merupakan tahap kedua dari tiga tahapan yang ditargetkan. Di mana pertama segmen simpang susun Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 Km telah beroperasi sejak 30 Maret 2018. Sedangkan Tahap ketiga Sragen-Ngawi saat ini tengah dalam proses penyelesaian konstruksi lima overpass.

Jalan Tol Solo-Ngawi sepanjang 90,43 Km terbagi dalam dua bagian pekerjaan yaitu bagian yang dikerjakan oleh Pemerintah sepanjang 21,08 Km dan sepanjang 69,35 Km dikerjakan oleh PT JSN. Jalan tol yang tergabung dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) ini memiliki nilai investasi mencapai Rp 11,34 Triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini