Hati-Hati, Ini 5 Tanda Pekerjaan Anda Terlalu Berat

Oleh Fitriana Monica Sari pada 10 Jul 2018, 06:00 WIB
stres

Liputan6.com, Jakarta - Setiap pekerjaan tentu memiliki risikonya masing-masing. Ada tanggung jawab yang berbeda pada setiap pekerjaan yang berbeda pula. Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan beban kerja Anda agar bisa mengendalikan pekerjaan tersebut dan bisa menyelesaikannya tepat waktu.

Akan tetapi, secara tidak sadar, Anda memiliki pekerjaan yang terlampau berat yang membuat hari-hari Anda semakin membosankan setiap harinya. Terlebih lagi di pagi hari, sangat sulit rasanya melangkahkan kaki untuk bersap-siap pergi ke kantor.

Melakukan pekerjaan yang terlampau berat tentu sangat tidak disarankan. Anda harus memahami kapasitas Anda sebagai seorang pekerja dan memahami semua informasi mengenai pekerjaan apa saja yang harus Anda selesaikan setiap harinya.

Lalu, apakah pekerjaan Anda saat ini memang terlampau berat? Inilah tanda-tanda bahwa pekerjaan Anda selama ini terlalu berat, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Untuk Makan Saja Seolah Tak Sempat

Tentu tidak asing lagi bila melihat pekerja yang makan siang saja seolah tak sempat. Waktu menjadi seperti sangat terbatas dan hanya cukup untuk mengerjakan pekerjaan. Dan kalaupun makan hanya sekadar sebuah keharusan perut perlu diisi dan rasa lapar melanda. Sehingga tak heran bila makan pun selalu saja terlambat dan tetap saja sembari melakukan pekerjaan. (Baca Juga: Ini Dia Tren Bekerja di Kantor Modern)

2. Ingatan Melemah Alias Sering Lupa

Apakah Anda sering lupa? Saat beban pekerjaan Anda terlampau berat, maka Anda akan mudah lupa akan banyak hal. Sebab beban kerja yang berat akan membuat seseorang stres. Bila stres melanda, maka daya ingat pun juga semakin lemah.

Pikiran yang tertekan tentu tidak baik untuk faktor psikologis Anda. Saat Anda merasa tertekan pada suatu hal, maka otak Anda tidak akan begitu peduli dengan hal lain selain hal yang membuat Anda merasa tertekan tersebut.

2 of 3

3. Sering Pusing

Ilustrasi Kepala Pusing (iStockphoto)
Pusing itu Bukan Penyakit tapi gejala (Ilustrasi/iStockphoto)

Selain ingatan yang melemah, pekerjaan yang terlampau berat juga memberikan tanda lain, seperti kepala sering terasa pusing. Hal ini juga terjadi karena adanya tekanan dalam diri Anda, sehingga dalam otak Anda lebih banyak memikirkan apa yang harus diselesaikan.

Banyaknya pekerjaan yang harus Anda kerjakan kian menumpuk dan semakin membebani Anda, sehingga kepala Anda pusing karena terus-menerus memikirkannya. Rasanya pasti Anda ingin berteriak dan mengeluarkan semua kegundahan yang sedang Anda miliki, bukan?

(Baca Juga: Tips Mengurangi Kebiasaan ‘Workaholic’)

4. Tak Punya Waktu untuk Diri Sendiri

Jangankan untuk orang lain, waktu buat diri sendiri saja selalu tidak ada. Inilah ciri-ciri bahwa Anda memang sedang dihadapkan pekerjaan yang terlalu berat. Padahal, punya waktu untuk diri sendiri (me time) ini sangat penting agar energi kembali mengisi tubuh. Sehingga kualitas kerja pun juga bisa meningkat dan lebih produktif lagi.

Ketika pekerjaan Anda terlampau berat, maka Anda akan sangat sulit menemukan waktu untuk sekadar memanjakan diri. Seluruh waktu Anda seakan-akan sudah menjadi hak milik pekerjaan Anda. Padahal sejatinya, Anda juga harus bisa ‘menikmati hidup’. Apalah artinya menerima gaji tanpa menikmati hasil gaji tersebut?

Otak Anda juga butuh waktu untuk sekadar “merasa bahagia” dengan sekejap saja tidak memikirkan pekerjaan. Oleh karena itu, sesekali pergilah ke tempat yang Anda sukai dan perlakukan diri Anda di sana.

3 of 3

5. Mudah Sakit

Ilustrasi pria sakit flu
Ilustrasi sakit flu (iStock)

Orang yang memiliki pekerjaan terlampau berat akan sangat mudah terjangkit penyakit. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh terganggu karena pola hidup yang semakin berantakan. Pola hidup yang berantakan ini biasanya disebabkan karena pikiran yang terus menerus menuju pekerjaan yang harus diselesaikan.

Anda menjadi sering begadang, tidak memiliki waktu banyak untuk menyantap hidangan di pagi hari, dan hal lainnya yang memaksa Anda untuk melupakan kesehatan Anda. Padahal baru 3 hari yang lalu, Anda ke rumah sakit untuk berkonsultasi rasa pusing berat pada kepala Anda, sekarang Anda harus ke rumah sakit kembali karena batuk Anda semakin tidak terkendali.

Pekerjaan Berat Hanya Akan Membebankan Anda

Ambisius boleh saja asalkan tetap memperhatikan kesehatan diri. Bekerja melampaui kemampuan diri sangatlah tidak baik untuk kesehatan Anda. Oleh sebab itu, sebelum menandatangani kontrak, pahami terlebih dahulu beban kerja yang akan Anda dapatkan. Jangan sampai mengganggu kesehatan dan waktu untuk pemenuhan keinginan diri Anda. Bekerjalah sesuai dengan porsi dan kemampuan Anda.

Lanjutkan Membaca ↓