Sukses

5 Trik Sukses Cari Kerja di Era Digital

Mulai dari melamar pekerjaan hingga menindaklanjuti setelah wawancara, berikut semua hal yang perlu Anda ketahui tentang cara mendapatkan pekerjaan di era digital.

Liputan6.com, Jakarta - Mencari dan melamar pekerjaan tidak seperti dulu lagi. Lewatlah sudah hari-hari melelahkan secara fisik atau mengirimkan surat dalam resume Anda dan menunggu panggilan tentang posisi yang dilamar. Sekarang, hampir semua komunikasi pencarian kerja terjadi secara elektronik.

Mulai dari melamar pekerjaan hingga menindaklanjuti setelah wawancara, berikut semua hal yang perlu Anda ketahui tentang cara mendapatkan pekerjaan di era digital, seperti dikutip dari Laruno.id.

1. Membangun resume Anda

Applicant Tracking Systems (ATS) menyaring resume untuk menentukan apakah seorang manajer perekrutan melihat aplikasi Anda atau tidak. Ada cara untuk memastikan resume apakah berhasil melewati ATS atau tidak. Penggunaan perangkat lunak ATS telah meningkat secara dramatis selama beberapa tahun terakhir.

Berikut beberapa tips untuk melewati ATS:

- Pastikan Anda memiliki kata kunci yang benar terkait dengan posisi atau industri.

- Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan. Microsoft Word tidak cukup untuk memperbaiki semua kesalahan Anda. Coba kirimkan ke teman atau keluarga untuk ditinjau.

- Kirim resume Anda dalam file .doc atau .docx.

Pastikan resume Anda dioptimalkan untuk ATS dan juga mudah dibaca dan efektif. Perekrut rata-rata menghabiskan enam detik untuk memindai enam bagian informasi dalam urutan nama, judul, dan perusahaan saat ini, jabatan dan perusahaan sebelumnya, tanggal mulai dan akhir dari posisi sebelumnya, tanggal mulai dari posisi saat ini, dan pendidikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menerapkan ke pekerjaan

Meskipun banyak aplikasi untuk mencari pekerjaan, tetapi pelamar harus terlebih dahulu datang ke perusahaan yang mereka minati untuk mencari posisi yang dibutuhkan.

Jika perusahaan tidak menggunakan perangkat lunak ATS untuk mengelola proses perekrutan, Anda harus datang ke perusahaan untuk melamar. Karena sistem ini sering menghilangkan kandidat hebat, perusahaan lebih mempertimbangkan pelamar yang resumenya ditulis dengan penuh pikiran.

Jika Anda mengenal seseorang di perusahaan, carilah opsi yang memungkinkan Anda menyertakan rujukan karyawan. Karena, Anda 10 kali lebih mungkin untuk mendapatkan pekerjaan ketika aplikasi Anda disertai rujukan.

3. Melacak kemajuan Anda

Organisasi adalah kuncinya. Buatlah folder di akun Anda sehingga Anda memiliki akses saat bepergian, tempat Anda dapat menyimpan salinan resume dan surat pengantar yang Anda buat dan sesuaikan untuk peluang kerja tertentu. Karena postingan pekerjaan sering dihapus sebelum wawancara dilakukan, penting untuk menyalin deskripsi pekerjaan dan menaruhnya ke dalam file sehingga Anda dapat merujuknya nanti.

Siapkan Excel atau Google Sheet untuk melacak pekerjaan yang Anda terapkan tautan list, tanggal yang Anda terapkan, dan informasi atau catatan penting lainnya, seperti nama dan informasi kontak koneksi jaringan yang Anda miliki di perusahaan, perekrut, atau manajer perekrutan.

3 dari 3 halaman

4. Menindaklanjuti

Beberapa perusahaan menyulitkan pelamar untuk menindaklanjuti aplikasi. Anda disarankan untuk menindaklanjuti kira-kira satu minggu setelah batas waktu lamaran pekerjaan.

(Like) surat lamaran Anda, untuk dapat mengetahui siapa manajer perekrutan atau perekrut yang menangani peluang kerja, kemudian gunakan informasi kontak mereka untuk menyesuaikan tindak lanjut Anda dan kirimkan langsung kepada orang yang penting.

5. Kesalahan yang harus dihindari

Kesalahan dalam mencari pekerjaan dapat merugikan Anda. Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari saat mencari pekerjaan:

- Menggunakan satu resume standar tanpa penyesuaian.

Ketika datang untuk menyesuaikan resume Anda, langkah pertama adalah untuk memahami secara menyeluruh deskripsi pekerjaan. Cari tahu apa keterampilan yang paling penting untuk pekerjaan dan reorganisasi resume Anda untuk menyoroti prestasi dalam pengalaman Anda terlebih dahulu.

- Para perekrut atau perusahaan mengirim e-mail secara massal tanpa peran tertentu. Maka dari itu, pelamar harus benar-benar mengetahui pekerjaan apa yang sedang dibutuhkan dan itu sesuai dengan minat Anda. Dengan begitu, perusahaan tidak membuang waktu untuk meninjau aplikasi Anda.

- Tidak mengacu pada jabatan pekerjaan

Jika Anda mengirim e-mail untuk pekerjaan tertentu, disarankan untuk menyebutkan posisi yang diinginkan sehingga perusahaan tahu peran apa yang cocok untuk Anda.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini