Sukses

3 Cara Ampuh Siapkan Dana Darurat Tanpa Bikin Bokek

Berikut tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk mempersipakan dana darurat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika keadaan darurat datang ke keuangan Anda, Anda harus selalu siap untuk hal yang tidak terduga, dan inilah mengapa Anda membutuhkan dana darurat. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri adalah bersiap untuk keadaan darurat yang membutuhkan biaya tambahan. Memiliki dana darurat yang disisihkan adalah solusi ideal.

Keadaan darurat keuangan dapat datang dalam bentuk kehilangan pekerjaan, biaya pengobatan yang signifikan, perbaikan rumah atau mobil, atau sesuatu yang tidak pernah Anda impikan.

Pilihan terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dipaksa bergantung pada kartu kredit atau pinjaman yang hanya bisa memperumit masalah.

Berikut tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk mempersipakan dana darurat, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Lokasikan Biaya Bulanan Anda

Sebagian besar penasihat keuangan setuju bahwa sangat ideal menjaga keuangan Anda yang disisikan untuk dana darurat. Ini adalah langkah pertama yang perlu Anda pertimbangkan ketika mempersiapkan dana darurat Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan pengeluaran tetap dan variabel ketika menentukan berapa banyak yang perlu Anda sisihkan.

Setelah Anda meluangkan waktu untuk menghitung berapa banyak yang Anda habiskan dalam setiap bulan, Anda baru dapat menentukan berapa banyak yang Anda butuhkan untuk dana darurat Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mulai Mengumpulkan Dana untuk Dana Darurat Anda

Jika Anda belum menyiapkan dana darurat atau kesulitan menabung, kuncinya adalah mulai dari kecil. Mengumpulkan biaya satu bulan akan membutuhkan waktu, tetapi jika Anda menetapkan sasaran langsung menjadi kecil dan dapat dikelola, Anda akan memiliki peluang yang lebih baik untuk mengumpulkannya.

Cara terbaik untuk memulainya adalah melalui bank atau credit union Anda. Buka akun tabungan baru jika saat ini Anda tidak memilikinya dan mulai menyimpan ke bank tersebut. Langkah selanjutnya adalah membiasakan membuat setoran reguler ke akun ini. Baik itu mingguan, dua mingguan, atau bulanan, buat jadwal dan ikuti terus.

Jika Anda merasa sulit untuk mulai menabung, mulailah dengan jumlah yang sedikit. Mungkin Anda mulai dengan Rp 50 ribu per minggu pada awalnya. Meskipun ini tidak akan menambah jumlah yang cepat, yang penting adalah menjadikannya kebiasaan. Setelah beberapa bulan ke depan, Anda bisa memulainya dengan Rp 100 ribu per minggu.

3 dari 3 halaman

3. Siapkan Rekening Tabungan Dana Darurat Anda

Anda ingin dana darurat Anda dapat diakses dengan mudah kapan saja?Anda harus mulai dengan rekening tabungan karena mudah digunakan dan umumnya tidak memerlukan biaya apa pun. Faktor kenyamanan adalah apa yang penting saat memulai. Seiring dengan pertumbuhan akun, Anda akan menemukan bunga yang akan bekerja untuk Anda.

Dengan mengikuti ketiga langkah ini, Anda akan siap menghadapi segala situasi yang menyebabkan kerugian finansial yang tak terduga.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.