Sukses

Gantikan Anwar Nasution, Ilham Habibie Jadi Komisaris Utama Muamalat

Sosok Ilham Habibie selama ini lebih dikenal sebagai pakar penerbangan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Ilham Akbar Habibie menduduki posisi Komisaris Utara PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menggantikan Anwar Nasution. Pengangkatan putra BJ Habibie ini berdasarakan hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham tahunan (RUPST) yang berlangsung pada akhir Juni 2018.

Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K Permana mengungkapkan, pengangkatan putra Presiden RI ketiga ini didasarkan pada berbagai pertimbangan. Tidak hanya melihat sosok sang Ayah yaitu BJ Habibie namun juga melihat jaringan yang dimiliki oleh Ilham.

Achmad menyebutkan bahwa Ilham memiliki hubungan yang cukup erat dengan salah satu pengendali Bank Muamalat, yaitu Islamic Development Bank (IDB).

"Yang menunjuk pemegang saham, dia bisa lebih membantu Muamalat kedepannya dengan profil beliau dan jaringan beliau. Apalagi Pak Ilham sering berhubungan dengan IDB dan dia paham banyak event dan moment," kata Achmad seperti ditulis Minggu (8/7/2018).

Achmad tidak memungkiri, sosok sang Ayah yang melekat pada diri Ilham juga menjadi salah satu daya tarik dibalik pengangkatan tersebut. Pasalnya, BJ Habibie merupakan salah satu pendiri bank syariah pertama dan tertua di Indonesia tersebut.

Akan tetapi, ia menegaskan pengangkatan tersebut murni pilihan para pemegang saham tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

"Ketika ditanya beliau salah satu alasan dia mengapa dia mau menerima tawaran itu adalah terus terang karena ada wasiat keluarga juga untuk membantu tapi tidak karena (titipan) Pak Habibie juga," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Beberapa Kandidat

Achmad mengungkapkan, selain Ilham, ada juga beberapa kandidat lain yang mumpuni. Namun pada akhirnya Ilham yang terpilih untuk ikut mengembangkan bisnis Bank Muamalat sebagai Komisaris Utama.

Sebagai informasi, sosok Ilham Habibie selama ini lebih dikenal sebagai pakar penerbangan di Indonesia. Pria berusia 55 tahun tersebut juga pernah menjabat sebagai Ketua Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia atau ICMI peride 2010-2015.

Ilham juga sempat dikenal sebagai Direktur Marketing PT Dirgantara Indonesia, setelah itu menjabat sebagai Ketua Dewan TIK Nasional, dan juga sebagai Presiden Direktur PT Ilthabi Rekatama, Presiden Direktur PT ILTHABI Bara Utama, CEO di PT ILTHABI Rekatama. Terakhir, Ilham juga pernah menjabat sebagai Komisaris di PT Pollux Barelang Mega Superblok Batam.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.