Sukses

Terdampak Gempa Banten, Infrastruktur Kelistrikan Jakarta Aman

Pasokan listrik Jakarta dalam keadaan normal, tidak ada wilayah yang mengalami pemadaman akibat gempa berkekuatan 4,1 skala Richter tersebut.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menyatakan, pasokan listrik di DKI Jakarta tetap normal,‎ pasca terjadinya gempa bumi yang terjadi di Banten. Tak hanya wilayah Banten, bahkan gempajuga sempat dirasakan sejumlah warga di Jakarta. 

Manajer Komunikasi, Hukum, dan Administrasi PLN Disjaya Aries Dwiyanto‎ mengatakan, pasokan listrik Jakarta dalam keadaan normal, tidak ada wilayah yang mengalami pemadaman akibat gempa berkekuatan 4,1 skala Richter tersebut.

"Pasokan listrik masih normal," kata Aries, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (7/7/2018).

Menurut Aries, guncangan gempa tidak mengganggu sistem kelistrikan Jakarta, sehingga seluruh infrastruktur masih beroperasi, Kondisi ini membuat pasokan listrik ‎tetap normal.

"PLN di Jakarta terkendali tidak ada gangguan,"ucapnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Guncang Banten

Gempa mengguncang Lebak, Banten pukul 12.25 WIB, Sabtu (7/7/2018). Badan Nasional Penanggulangan Bencana melansir Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan 4.1 Skala Richter di kedalaman 5 km. Gempa sebelumnya juga terjadi pada pukul 10.56 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa epicenter gempa ini terletak pada koordinat 6,91 LS dan 106,41 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km arah timurlaut Kota Bayah, Kabupaten Lebak, Provisinsi Banten pada kedalaman 5 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif di zona Sesar Bayah," kata Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/7/2018).

Hal ini sesuai hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan bahwa gempaini, dipicu deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar geser (strike slip fault).

Guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di daerah Cikatomas, Bayah, Cisolok, Caringin, Bantarkalapa, Lebaklarang dalam skala intensitas III-IV MMI dan Pelabuhan Ratu II-III MMI.

Tak hanya wilayah Banten, bahkan gempajuga sempat dirasakan sejumlah warga di Jakarta. Banyak warga sempat lari berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

"Hingga saat ini sudah terjadi 5 kali gempa susulan dengan kekuatan yang lebih kecil. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang," ucap Daryono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.
    Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.

    Gempa Banten

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

Video Terkini