10 Tanda Kamu Bekerja di Perusahaan Luar Biasa

Oleh Tommy Kurnia pada 09 Jul 2018, 08:40 WIB
Kantor dan tempat kerja

Liputan6.com, Jakarta - Beruntunglah orang-orang yang menemukan pekerjaan yang tepat baginya. Karena sesungguhnya mencari pekerjaan sangat sulit, apalagi menemukan tempat kerja yang sesuai.

Ada sepuluh tanda-tanda kamu telah menemukan kerja yang sesuai dengan dirimu. Saat berada di pekerjaan seperti ini, kamu hampir tidak memprioritaskan uang atau waktu liburan, karena pekerjaanmu saat memuaskan.

Berikut sepuluh tanda-tandanya seperti yang dilansir dari The Ladders. Yang mana saja yang telah kamu alami?

1. Tidak Takut Hari Senin

Ilustrasi berhijab ke kantor
Ke Kantor, Ini Gaya Hijab Pilihan yang Bisa Kamu Sontek

Saat semangat bekerja bukan berarti kamu terobsesi dengan pekerjaan yang kamu miliki. Namun, kamu akan merasa siap menghadapi pekerjaan kamu.

Sangking siapnya untuk menghadapi pekerjaan, kamu tidak lagi merasa cemas pada kedatangan hari Senin. Alhasil, kamu bisa merasa nyaman saat liburan di akhir pekan.

2 of 10

2. Waktu di Kantor Tidak Terasa

[Bintang] Perempuan Ini Izin Telat Datang ke Kantor, Respon Si Bos Benar-benar Tak Terduga
Izin telat datang ke kantor karena masih ingin melihat anjingnya yang sedang tidur, perempuan ini dapat respon mengejutkan dari si bos. (Ilustrasi: Women in the World)

Bila saat bekerja kamu mulai lupa waktu, padahal sudah waktunya kamu pulang, itu tandanya kamu telah menemukan sesuatu yang menangkap ketertarikanmu.

KalauĀ kamu bekerja di tempat seperti itu, pastinya kamu berada di perusahaan yang keren karena mendapatkan posisi yang sesuai hasrat dan minat, waktu pulang pun mendadak sudah tiba tanpa perlu dinantikan.

3 of 10

3. Kolega Serasa Bagai Keluarga

Kantor dan tempat kerja
Ilustrasi kantor dan tempat kerja. (iStockphoto)

Saat bersama keluarga, kita tidak perlu lagi memakai topeng sosial. Kehidupan pun menjadi lebih luwes. Yang demikian ternyata juga bisa ditemukan di lingkungan pekerjaan.

Jika di lingkungan pekerjaan kamu bisa menjadi diri sendiri dan tidak perlu menghabiskan tenaga agar selalu sempurna. Dalam situasi ini, kamu sebagai pegawai pastinya ingin selalu berkontribusi sekuat tenaga seperti anggota tim lain.

4 of 10

4. Bisa Memahami Pikiran Bos

Ilustrasi bos di kantor (istimewa)
Ilustrasi bos di kantor (istimewa)

Manajer biasanya selalu hati-hati pada perasaan pegawai, hasilnya si pegawai akan kebingungan apakah sudah memenuhi ekspektasi atau justru masih di bawahnya.

Namun, bila manajer bersikap jelas dalam memberikan pujian saat tugasmu berhasil dan melatih serta membimbing ketika terjadi kegagalan, tandanya itu sebuah keberuntungan karena memiliki pemimpin demikian.

Memiliki pemimpin seperti itu juga merupakan tanda bekerja di perusahaan yang luar biasa. Sebab, bos yang jujur dapat selalu dipercaya dalam pengembangan diri.

5 of 10

5. Kesehatan Pegawai Diperhatikan

[Bintang] Ilustrasi Kerja di Kantor
Sederet barang ini adalah sarang kuman. Nomor 4 itu yang sering banget dibawa-bawa cewek! (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Perusahaan yang luar biasa adalah yang menjadikan kesehatan pegawainya sebagai prioritas. Alangkah beruntungnya bila pihak perusahaan mengutamakan urusan asuransi pegawainya.

Akan tetapi, yang diperhatikan tidak hanya kesehatan fisik saja. Perusahaan luar biasa pastinya juga memperhatikan kesehatan secara mental dan emosional dari pegawai.

6 of 10

6. Memiliki Tugas Menantang

Bekerja di Kantor
Ilustrasi Foto Bekerja di Kantor (iStockphoto)

Tantangan menjadi komponen penting dalam memiliki kepuasan dan rasa menggugah dalam pekerjaan. Hal-hal menantang adalah bagian kunci dari perkembangan diri baik secara personal maupun profesional.

Jika kamu secara konsisten diberikan tugas yangĀ bermakna dan menantang yang sesuai pada kebutuhanmu dalam berkembang, serta mendapatkan dukungan positif agar berhasil mengatasi tantangan tersebut, berarti kamu kerja di perusahaan luar biasa.

7 of 10

7. Menghargai Pilihan

Bekerja di Kantor
Ilustrasi Foto Bekerja di Kantor (iStockphoto)

Perusahaan yang menghargai masukan dari pegawainya bisa dibilang sebagai perusahaan luar biasa. Memberikan kesempatan pada pegawai untuk memilih merupakan tanda kepercayaan dan transparansi.

Pilihan yang dimaksud bisa dalam jadwal kerja yang fleksibel, kebebasan untuk bekerja secara remote dan cara melakukan pekerjaan. Apalagi bila masukan yang kamu berikan dihargai dengan baik, tentunya itu akan sangat menyenangkan.

8 of 10

8. Memanusiakan Pegawai

Ilustrasi bekerja di kantor (Foto: Forbes).
Ilustrasi bekerja di kantor (Foto: Forbes).

Bertingkah seperti robot pekerja pastilah akan sangat membebani. Perusahaan yang memperlakukan pegawainya seperti robot bukanlah perusahaan yang baik. Mereka harusnya memahami manusia memiliki perasaan yang harus diekspresikan.

Memiliki tempat kerja di mana kamu dapat mengekspresikan emosi, bahkan ketika ada saat-saat yang berat, merupakan hal yang sangat positif. Ditambah lagi bila ada bantuan emosional yang diberikan ketika kita down.

9 of 10

9. Ada Budaya Akuntabilitas

Semangat bekerja (Ilustrasi iStock)
Semangat bekerja (Ilustrasi iStock)

Akuntabilitas adalah kunci dari rasa engagement, pemberdayaan, dan kepuasan saat bekerja. Contoh, bila kamu mengeluh ke atasan dan mereka bertanya solusi yang sudah kamu buat, itu adalah tanda perusahaan yang luar biasa.

Komunikasi yang jelas adalah bagian dari akuntabilitas. Itu adalah hal penting yang harus diketahui oleh perusahaan.

10 of 10

10. Tidak Bisa Membayangkan untuk Resign

Wanita karier
Ilustrasi wanita karier (iStockphoto)

Saat kamu bahkan tidak bisa membayangkan untuk resign atau kerja di tempat lain, jelas besar kemungkinan kamu bekerja di perusahaan luar biasa.

Ini tentunya beda dengan pasrah, karena dalam hal ini kamu merasa segalanya baik-baik saja serta tidak mengalami perasaan seperti melewatkan suatu hal.

Lanjutkan Membaca ↓