Sukses

Masih Bingung dengan Pilihan Karier yang Ingin Diambil? Buruan Ikuti Tes Ini

Berikut tes untuk mengetahui sesuai tidaknya karier yang kamu geluti dengan minatmu saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun sudah menggeluti bidang karier tertentu, tidak jarang ada juga officer yang masih galau. Bahkan ada yang sudah menekuni satu bidang karier selama 3 tahun tapi ingin banting setir karena merasa tidak cocok. Bagaimana denganmu?

Pertanyaan seputar sesuai tidaknya karier dengan bakat dan minat diri memang jadi dilema banyak orang. So, kamu harus lebih mengenal dirimu sendiri dan lekas mencari tahu.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa mencoba beberapa tes di bawah ini. Seperti dikutip dari Swara Tunaiku, berikut tes untuk mengetahui sesuai tidaknya karier yang kamu geluti dengan minatmu saat ini.

1. How Agreeable Are You?

Kunci keberhasilan dari tes ini adalah dengan menjawab pertanyaan dengan jujur. Jika kamu memang suka molor kalau lagi janjian, ya harus bilang iya. Dengan menjawab pertanyaan secara jujur, kamu jadi bisa tahu kepribadianmu dengan sejelas-jelasnya.

2. Holland Code Career Test

Kelebihan yang dimiliki seseorang bisa mengantarkannya pada kesuksesan. Jika kamu merasa kurang sukses, cobalah tes Holland Code Career Test. Tes ini membantumu menemukan pekerjaan yang cocok dengan kelebihanmu. Kamu jadi tahu kekuatan utama dan juga bakat terpendammu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. The Typefinder® Research Edition

Dalam beberapa kesempatan wawancara kamu bisa saja mendapatkan pertanyaan, “Seperti apa dirimu?”. Sayangnya, belum banyak orang yang mengenal diri sendiri.

Coba sisihkan waktumu selama 15 menit untuk tes di The Typefinder® Research Edition ini. Nantinya situs ini akan membantumu menyusun profil kepribadian. Dari sini juga kamu bisa melihat kemiripan dan perbedaan antara kepribadianmu dengan orang lain.

4. Personal Strengths Inventory

Terkadang kamu menghabiskan banyak waktu untuk memperbaiki segala kekurangan hingga lupa betapa pentingnya mengasah kelebihan diri. Ada baiknya kamu mencoba test gratis dari Personal Strengths Inventory dan tahu kelebihan dan kekuatan diri. Jadi fokuslah pada kelebihan, jangan terlalu lama terjebak pada kekuranganmu.

3 dari 4 halaman

5. How Conscientiousness Are You?

Tes “How Conscientiousness Are You?” akan membantu mengetahui seberapa teliti dirimu. Tes ini akan mengarahkanmu pada suatu kondisi yang memungkinkan untuk mengecek tingkat ketelitianmu.

Selama mengikuti tes, kamu tidak akan merasa sedang dianalisis tingkat ketelitianmu. Misalnya, kamu diminta untuk mengikuti tes tahap pertama dengan sikap yang biasa saja. Lalu, pada tes kedua kamu diminta untuk lebih percaya diri lagi dalam menjawab. Akhirnya, kamu jadi tahu kalau tingkat ketelitianmu telah berubah.

6. The Big Five Personality Test

Betapa menyenangkannya jika memiliki karier sesuai dengan minat dan passion. Nah, tes The Big Five Personality Test ini akan membantumu dalam memilih karier sesuai dengan minatmu! Ada lima pokok faktor penentu dalam tes, di antaranya adalah Openness, Neuroticism, Agreeableness, Conscientiousness, dan Extraversion.

4 dari 4 halaman

7. The Typefinder® Temperament Test

Beberapa orang masih saja terjebak pada mindset “orang baik dan orang jahat”. Jika orang tersebut bertindak sedikit agresif, lingkungan akan menilai orang tadi sosok yang antagonis. Daripada menilai baik dan buruk seseorang, lebih baik mengikuti tes temperamen untuk diri sendiri saja. Tes gratis ini akan menyajikan hasil yang nantinya bisa kamu gunakan jadi referensi untuk mengelola emosi diri.

Itu dia beberapa test online yang membuatmu lebih mantap untuk memilih bidang karier. Cobalah mencoba salah satu tes dan kenali dirimu sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini