Sukses

Wapres dan Menteri BUMN Akan Berbagi Tips Kepemimpinan di Forum EGCL

Executive Centre for Global Leadership (EGCL) menyelenggarakan forum kepemimpinan hari ini di Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Liputan6.com, Jakarta - Executive Centre for Global Leadership (EGCL) menyelenggarakan forum kepemimpinan hari ini di Jakarta, Rabu (4/7/2018). Ini adalah forum kepemimpinan pertama di Indonesia.

EGCL didirikan oleh Tanri Abeng, Jusuf Kalla, Aburizal Bakrie, Bambang Kesowo, dan Pontjo Sutowo, dan alumninya memegang posisi kepemimpinan pada banyak bisnis dan sektor, termasuk sektor publik dan sosial.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri BUMN Rini Soemarno akan menyampaikan pidato kunci pada forum ini. JK akan memberi pidato bertema kebijaksanaan dalam memimpin.

"Kepemimpinan adalah tentang kebijaksanaan dan keberanian, dan memberikan contoh. Kualitas-kualitas ini diasah melalui pengalaman dan proses belajar terus menerus," ujar Jusuf Kalla dikutip dari keterangan tertulis.

Sementara itu, Rini juga akan berbicara mengenai kepemimpinan di BUMN, terutama terkait kerja kerasnya sebagai perempuan pertama yang memegang posisi tersebut.

Selain dua nama di atas, akan ada sesi Leadership Panel yang akan dihadiri oleh Nicke Widyawati (Plt Dirut Pertamina), Gilarsi Wahyu Setijono (Dirut Pos Indonesia), dan Muhammad Awaluddin (Dirut Angkasa Pura II).

Turut hadir pula untuk berpidato di acara ini Datuk Seri Anwar Ibrahim, mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia. Pria yang memegang kepemimpinan koalisi politik Pakatan Harapan atau Aliansi Harapan yang sedang berkuasa di Malaysia.

Ketua ECGL Tanri Abeng berencana mengadakan forum kepemimpinan setiap tahun, sebab sedang ada urgensi di Indonesia akan kebutuhan pemimpin untuk mengembangkan kepemimpinan secara sistematis.

"Pemimpin yang mampu mengembangkan institusi yang efektif dan mengubah institusi menjadi pengembangan kepemimpinan yang berkelanjutan. Kesimpulannya, pemimpin yang mampu menghasilkan pemimpin baru," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Kepemimpinan EGCL

EGCL sudah meluncurkan Advanced Leadership Program (ALP) sejak 2012. Tanggal 4 Juli juga bertepatan dengan peluncuran ALP 2018.

Program ALP menghadirkan pengajar modul dari fasilitator kelas dunia yang memiliki latar belakang akademis dan manajemen bisnis dengan membangun kolaborasi dengan Rotterdam School of Management, Erasmus University.

Program yang ditawarkan ECGL membaurkan konsep pembelajaran kelas dunia dan konsep manajemen kepada eksekutif muda yang memiliki kemauan untuk menjadi pemimpin masa depan.

Pada ALP 2018, akan ada perspektif baru pada program ini yang mengedepankan konsep yang realistik dan metode akurat dalam kepemimpinan dan manajemen. Peserta pun diarahkan agar memiliki kemampuan strategi manajemen, pengembangan organisasi dan transformasi bisnis untuk ketahanan dan pertumbuhan berkelanjutan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.