Sukses

5 Trik Liburan Seru Tanpa Menguras Rekening

Ini dia 5 jurus liburan yang nyaman dan sesuai dengan bujet.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan yang seru dan hemat budget adalah impian semua orang. Tentunya, untuk meraih hal tersebut dibutuhkan persiapan yang matang.

Bila diperhatikan, memang tak sedikit orang yang lebih suka berpetualang dan berlibur secara spontan. Apalagi tidak mudah mengajak seseorang, terlebih lagi grup, untuk diajak membuat rencana liburan.

Padahal, membuat rencana matang sebelum liburan adalah kunci dari liburan yang nyaman, dan yang paling penting adalah sesuai dengan anggaran di rekening.

Untuk lebih lengkapnya, berikut lima tips yang bisa kamu ikuti agar liburan ramah anggaran, seperti yang dilansir CNBC:

1. Rencanakan Pengeluaran Hal-hal Kecil

Memiliki rencana matang bukan hanya sebatas membahas ingin pergi ke mana, tiket pesawat berapa, atau menginap di mana. Perhatikan juga hal-hal kecil seperti berapa kira-kira harga bahan bakar yang akan keluar sepanjang perjalanan, terutama bila kamu menempuh jalur darat.

Bila kamu tidak membawa kendaraan pribadi, jangan lupa perkirakan berapa ongkos berpergian saat sudah tiba di lokasi. Tidak perlu juga mahal-mahal saat membeli oleh-oleh, yang penting adalah berkesan. Maka, carilah harga yang pas dengan kondisi dompet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Buat Budget yang Nyaman

Terlalu bermewah-mewahan saat liburan bukanlah hal yang baik, dan sebaliknya pun berlaku, memiliki anggaran yang kaku saat liburan juga tidak nyaman. Yang paling penting, cobalah jujur pada diri sendiri dan susun budget yang memaksimalkan kenyamanan situasi liburan.

Tak perlu menjadikan gengsi sebagai prioritas nomor satu ketika berlibur.  Ingat, tujuanmu adalah berlibur agar badan dan pikiran santai, jangan sampai kamu malah jadi tambah stres akibat masalah uang. Jadi, utamakan kenyamanan.

3 dari 5 halaman

3. Coba Staycation

Apa itu staycation? Staycation adalah gabungan dari kata stay (menetap) dan vacation (liburan). Yang berarti kamu liburan dengan cara santai di suatu tempat, seperti di rumah.

Tak ada salahnya mencoba staycation, terutama bila kamu seorang introvert atau memang ingin hemat anggaran. Dengan staycation, kamu pun bisa fokus pada tempat tinggalmu, seperti merapikan kebun, menyelesaikan novel, atau ajak teman-teman menonton film dan serial di laptop.

4 dari 5 halaman

4. Wisata Sehat

Saat liburan dan orang-orang ke luar kota, kamu bisa memakai liburan untuk olahraga di gym atau lari di lapangan.

Punya sepeda? Naiki sepedamu untuk berolahraga atau berkeliling, karena jalanan pasti sepi saat liburan. Naik gunung pun terbilang seru dan hemat, apalagi di Indonesia banyak gunung-gunung indah yang memiliki curug.

Wisata lain seperti berenang juga bisa dijadikan alternatif hemat untuk bersenang-senang dengan keluarga, hasilnya pun bisa membuat tubuh, pikiran, dan rekening tetap bugar.

5 dari 5 halaman

5. Jangan FOMO

Inilah salah satu penyakit zaman sekarang, yakni ketika liburan ke tempat seru hanya karena ikut-ikutan atau pamer semata. Alhasil, muncul istilah FOMO (Fear of Missing Out) atau bisa diartikan sebagai latah. Jangan sampai liburan ke tempat mahal, padahal uang kamu kurang.

Yang jelas, amat disayangkan bila saat liburan tapi di pikiranmu hanya ada keinginan untuk memperindah koleksi foto Instagram.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.