Sukses

Ingin Untung Punya Kartu Kredit? Hindari 5 Kesalahan Ini

Agar diuntungkan memiliki kartu kredit, hindari kesalahan penggunaan kartu kredit berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Tak dimungkiri, kartu kredit memiliki dua sisi yang sangat berbeda, di satu sisi bisa menguntungkan karena memberikan kemudahan bertransaksi secara virtual sekaligus memberikan dana segar. Namun di sisi lain juga bisa merugikan bila tidak bijak dalam penggunaannya.

Tentu bukan tanpa sebab jika kartu kredit itu justru malah merugikan. Dan yang pasti adalah karena kesalahan yang fatal dalam penggunaannya. Meski sebenarnya kartu kredit itu bisa menguntungkan bagi pemiliknya apabila bisa mengindari kesalahan penggunannya.

Seperti dikutip dari Cermati.com, agar diuntungkan memiliki kartu kredit, hindari kesalahan penggunaan kartu kredit berikut ini.

1. Lebih Suka Bayar Minimum Payment

Apakah Anda lebih suka membayar tagihan kartu kredit dari jumlah minimum payment? Jika ya, maka Anda harus segera mengubah kebiasaan terebut. Karena kesalahan kecil ini, Anda akan menanggung beban bunga lebih besar pada tagihan-tagihan selanjutnya.

Dengan demikian, utang Anda dari kartu kredit pun akan membengkak pada akumulasi di bulan-bulan berikutnya. Nah, jika Anda tak menyadari kesalahan kecil ini, maka bersiaplah menuai konsekuensi buruk masuk dalam lilitan utang tak berujung. Maka dari itu, baiknya bayar secara lunas dari setiap tagihan yang ada. (Baca Juga: Gunakan Kartu Kredit Ketimbang Uang Tunai)

2. Suka Menunda Pembayaran Tagihan

Bukan hanya denda saja yang harus Anda tanggung jika bayar tagihan lewat dari tanggal jatuh tempo, tetapi Anda pun masih dibebani bunga yang ikut berbunga. Inilah kesalahan yang selalu disepelekan.

Jika hanya sekali waktu mungkin tak terlalu terasa, tapi jika terlalu sering bisa membuat tagihan membludak. Belum lagi telepon masuk dari bank yang akan memburu Anda siang malam. Oleh karena itu, jangan pernah menunda dan disiplinlah dalam melakukan pembayaran tagihan kartu kredit.

Agar tak telat bayar, Anda juga bisa menggunakan fitur pembayaran otomatis yang akan diambil langsung dari rekening tabungan pribadi Anda. Dengan demikian, tak akan ada lagi kekawatiran telat bayar tagihan.

Selain itu jika bayar tagihan sebelum tanggal pembukuan transaksi, maka Anda tak perlu membayar bunga. Maka jadilah nasabah yang cermat dan teliti ketika menggunakan kartu kredit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Punya Kartu Kredit Banyak

Mengontrol satu kartu kredit saja bisa mengalami kesulitan bila tak disiplin, apalagi lebih dari satu. Bukan hal yang mustahil bila Anda akan kesulitan mengontrolnya. Belum lagi kalau tagihannya telat dibayarkan, bisa-bisa hasil kerja keras Anda siang malam habis hanya untuk bayar utang kartu kredit saja tanpa bisa menikmati jerih payahnya.

Coba pikirkan kembali keuntungan apa yang diberikan kartu kredit tersebut. Alangkah baiknya bila memiliki kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga pemanfaataannya pun bisa Anda maksimalkan.

Sebab dengan memiliki banyak kartu kredit, artinya sama mengoleksi utang. Dan kesalahan ini terkadang banyak tak disadari pengguna kartu kredit. Padahal menurut pakar keuangan, idealnya dua kartu kredit saja sudah cukup. Pilih dari dua penerbit kartu yang berbeda agar fasilitas yang didapat bisa saling melengkapi. (Baca Juga: Cara Isi Pulsa Pakai Kartu Kredit)

4. Tak Peduli Riwayat Transaksi

Menggunakan kartu kredit memang memberikan kemudahan untuk bertransaksi sehingga apapun bisa dilakukan hanya dalam sekali gesek. Tetapi terkadang karena saking antusiasnya, Anda tak lagi memerhatikan transaksi apa saja yang dilakukan dengan kartu kredit hingga tagihan membengkak.

Transaksi belanja yang Anda lakukan dengan kartu kredit memang akan tercatat langsung pada catatan pembukuan di bank. Namun bukan berarti Anda boleh mengabaikannya dan mengangapnya tak penting untuk diingat-ingat. Ini jelas keliru, jika Anda tidak cermat dalam mengetahui riwayat transaksi, bisa-bisa tagihan dan bunga pun semakin menumpuk tanpa Anda sadari.

Berbeda jika Anda lebih cermat mencatat transaksi, Anda akan lebih bisa tahu kenapa jumlah tagihan membludak. Selain itu, juga bisa untuk mengontrol pebelanjaan agar tetap sesuai dengan anggaran belanja sehingga tak membuat Anda kewalahan.

3 dari 3 halaman

5. Memakainya Seperti Menggunakan Kartu Debit

Salah satu kelebihan kartu kredit ialah bisa digunakan untuk mengambil uang tunai seperti halnya kartu debit. Ketika mengambil uang tunai dengan kartu debit, Anda tak akan dikenakan biaya tambahan.

Berbeda jika yang digunakan ialah kartu kredit. Dalam sekali tarik tunai dengan kartu kredit, maka Anda akan dibebani bunga yang cukup tinggi pada tagihan kartu kredit Anda nantinya.

Pahami Kesalahannya dan Maksimalkan Manfaatnya

Menggunakan kartu kredit memang seperti mengunakan pisau bermata dua, jika tak pandai dan cermat, maka kesalahan kecil bisa merugikan diri sendiri. Begitu juga sebaliknya, jika Anda bijak dalam penggunaannya, maka berbagai manfaat dan keuntungkan bisa Anda rasakan. Pahami dengan baik kebiasaan apa saja yang harus dihindari dalam penggunaan kartu kredit, dan manfaatkan secara maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini