Sukses

Wajib Tiru! 7 Cara Mudah dan Murah Mengatasi Depresi

Agar tak semakin larut dalam depresi, berikut simak tips sehat melawan depresi yang mudah dan murah

Liputan6.com, Jakarta - Ketika seseorang merasa suasana hatinya kacau, merasa sedih berlebihan hingga putus asa, maka ini adalah tanda-tanda munculnya depresi. Kondisi ini bukan hal yang sepele dan sangat berbahaya jika tak segera mendapat penanganan lebih lanjut.

Depresi yang berlarut-larut bisa berbahaya. Karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja, hingga mengakibatkan seseorang bertindak di luar nalar dan akal sehat yang dapat membahayakan dirinya maupun orang lain.

Bahkan biaya pengobatan untuk depresi yang sudah parah relatif cukup besar. Maka, jangan pernah menyepelekan depresi yang mungkin sedang menghinggapi diri Anda.

Agar tak semakin larut dalam depresi, berikut simak tips sehat melawan depresi yang mudah dan murah seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Cari Teman Ngobrol

Sedang merasa terpuruk dan galau berlebihan? Jangan sendirian, berbahaya! Cobalah berbagi cerita dengan keluarga atau mungkin sahabat dekat yang Anda percaya. Luapkan seluruh ganjalan yang tersimpan di hati dengan bercerita. Bicaralah apa yang sedang mengganggu pikiran dan hati Anda.

Dengan sekadar bercerita, mungkin masalah tersebut tak akan selesai begitu saja. Tetapi setidaknya beban berat yang ada di pikiran sudah sedikit terangkat dengan saling bercerita dan berbagi perasaan yang mengganjal di hati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pergi ke Luar Rumah

Ketika merasa batin tertekan dengan perasaan sedih luar biasa, lantas Anda hanya mengurung diri di rumah, maka ini bukan cara yang baik untuk keluar dari depresi. Cobalah membuka diri dengan pergi keluar, cari tempat yang bisa memberikan ketenangan, seperti ke taman misalnya. Atau bisa juga mengagendakan untuk pergi berlibur menikmati suasana dan tempat baru.

Udara yang segar dan hangatnya sinar matahari akan membuat tubuh Anda lebih merasa segar. Sebab kandungan pro vitamin D yang ada di dalam sinar matahari khususnya pagi hari bisa jadi alternatif menyingkirkan depresi. Maka, jangan takut keluar rumah, karena masih ada banyak hal luar sana yang bisa dinikmati untuk menyegarkan pikiran dan jiwa. (Baca Juga: Punya Hobi? 4 Hobi Ini Bisa Jadi Sumber Pemasukan Tambahan)

3. Lakukan Aktivitas Fisik atau Olahraga

Selain menyehatkan tubuh, olahraga ternyata juga sangat efektif untuk mengurangi tingkat depresi. Ini karena pada saat Anda berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorphin yang mampu memperbaiki mood.

Tak perlu olahraga yang ekstrim, dengan bersepeda, lari pagi, atau berenang pun bisa mengurangi tingkat depresi. Lakukan kegiatan tersebut dengan rutin agar tubuh sehat dan pikiran pun jadi lebih semangat, jauh dari stress dan depresi.

3 dari 4 halaman

4. Tingkatkan Mengonsumsi Makanan Sehat

Jangan lupa, tubuh perlu banyak nutrisi penting untuk meningkatkan metabolisme yang akan sangat berpengaruh untuk kesehatan fisik dan juga psikis seseorang. Untuk itu, perbanyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya serat maupun vitamin.

Pun demikian, ada beberapa jenis bahan-bahan makanan atau minuman yang perlu dihindari untuk melawan depresi. Beberapa jenis bahan makanan yang perlu dihindari seperti makanan yang kafein, alkohol, dan juga gula.

5. Cobalah Memelihara Hewan

Memiliki hewan peliharaan bukan hanya sekadar hobi yang tanpa makna. Akan tetapi, dengan memelihara hewan, ternyata bisa meredam emosi hingga menurunkan tingkat depresi. Bahkan menurut psikolog, seseorang yang memelihara hewan di rumah cenderung lebih stabil emosinya dan jauh dari risiko depresi ketimbang yang tidak memelihara hewan.

Maka, tak ada salahnya punya satu hewan peliharaan lucu di rumah. Selain bisa mengurangi stres, juga bisa mengurangi rasa kesepian. Jika ingin memelihara hewan, sebaiknya pilih yang jinak dan tidak membahayakan Anda maupun orang lain. (Baca Juga: Tips Agar Kerja Anda Menjadi Produktif)

4 dari 4 halaman

6. Lakukan Hal yang Menyenangkan

Hobi juga bisa jadi sarana bagus untuk mengurangi stres yang melanda. Sebab, dengan menyalurkan rasa suka, maka batin akan merasa terpuaskan. Sehingga munculah perasaan senang dan bahagia yang akhirnya mampu meredakan depresi.

Jadi, lakukan apapun yang menjadi hobi atau kesenangan Anda, asalkan masih dalam jalur yang positif dan tidak merugikan orang lain. Maka perasaan bahagia pun akan terjaga dan Anda bisa terhindar dari depresi.

7. Jangan Lupa Tertawa

Murung boleh saja, tetapi jangan terlalu larut dalam kesedihan karena bisa membuat depresi semakin buruk. Ada baiknya kalau Anda berkumpul bersama teman atau sahabat, berbagilah cerita lucu yang bisa membuat Anda tertawa. Karena dengan tertawa bisa mengurangi stres dan ketegangan di otak yang menimbulkan depresi. Sedih boleh, tetapi jangan sampai lupa tertawa, ya?

Masalah Akan Selalu Muncul Dalam Hidup, Tapi Jangan Lupa Bahagia

Dalam kehidupan, muncul masalah merupakan hal yang biasa. Dan masalah pun bukan untuk dihindari, tapi dijalani dan dilalui. Ketika muncul masalah, janganlah terlalu bersedih hati seolah jadi orang yang paling tidak beruntung di dunia ini, karena setiap orang pun memiliki masalah.

Jangan jadikan masalah sebagai penghalang, tapi jadikan pelajaran hidup yang akan membuat Anda kuat secara mental maupun fisik. Perbaiki bagaimana cara Anda memandang sebuah masalah agar jangan sampai lemah hingga membiarkan depresi mendera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.