Sukses

Harga Cabai Semakin Pedas, Tembus Rp 50 Ribu per Kg

Selain cabai, komoditas pangan yang terpantau mengalami kenaikan harga adalah sayuran buncis.

Liputan6.com, Jakarta - Harga sejumlah bahan pangan di Pasar Baru, Bekasi, Jawa Barat, terus merangkak naik. Peningkatan paling terlihat pada cabai yang sudah menembus angka Rp 50 ribu per kilogram (Kg).

Salah satu pedagang Sayur di Pasar Baru, Ria mengungkapkan, kenaikan cabai terjadi terutama pada rawit merah. Menurutnya, kenaikan ini dikarenakan adanya kekosongan pada stok barang akibat gagal panen di beberapa daerah.

"Dagangannya enggak ada, kosong abis Lebaran, orang enggak pada metik dan ada yang gagal (panen). Kalau cabai gampang-gampang susah kalau hujan terus juga susah," ungkapnya kepada merdeka.com saat ditemui dilokasi Pasar Baru Bekasi, Rabu (27/6/2018).

Ria melanjutkan, untuk saat ini harga jual cabai rawit merah sendiri dibanderol Rp 50 ribu per kg. Sedangkan cabai merah keriting Rp 35 ribu per kg,. Untuk cabai rawit hijau juga tercatat Rp 35 ribu per kg.

Selain cabai, Ria juga menyebut kenaikan harga juga terjadi pada sayuran buncis. "Buncis mahal, Rp 15 ribu per kg dari normal Rp 10 ribu per kg," imbuhnya.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Mahal Dibanding Lebaran

Tak berbeda jauh, Nababan juga mengakui terjadi kenaikan harga pada cabai. Ia membanderol harga jual pada cabai rawit merah sebesar Rp 48 ribu per kg. Sedangkan untuk cabai merah keriting ditaksir sebesar Rp 35 ribu per kg dan cabai rawit hijau dijual mencapai Rp 40 ribu per kg.

"Mahalan abis Lebaran dari pada Lebaran. Barang dari sana kan turun enggak banyak datengnya. Sedikit-sedikit, enggak banyak," ujarnya.

Dirinya juga mengakui, tidak hanya pada harga cabai saja namun harga jual buncis juga mengalami peningkatan. "Sekarang buncis di atas Rp 20 ribu sampai Rp 24 per kg. Sedikit di sananya enggak pada musim kali. Dari musim kemarau ke musim hujan itu biasanya rusak dimakan ulet, jadi faktor cuaca," pungkasnya.

Sementara bila melansir Informasi Pangan Jakarta hari ini, untuk rata-rata harga jual pada cabai di pasar tradisional Jakarta rawit merah berada di kisaran Rp 44.210 per kg, untuk cabai merah keriting Rp 35.550 per kg, dan cabai rawit hijau berada di Rp 34.200 per kg.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.