Sukses

Menteri PANRB: Penerimaan CPNS 2018 Dibuka Sebelum Akhir Juli

Semakin dekat pengumuman penerimaan CPNS 2018. Ini bocoran lengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur memastikan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan segera dibuka.

Dia mengungkapkan, bila tidak ada halangan, pengumuman penerimaan tersebut akan dilakukan sebelum akhir Juli 2018.

‎"Tunggu saja, sebentar lagi. Ini Juli, sebelum akhir Juli mudah-mudahan sudah bisa diumumkan," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (26/6/2018).

Asman mengungkapkan, saat ini proses perhitungan terhadap jumlah dan formasi penerimaan CPNS 2018 telah selesai dilakukan. Namun, sesuai rencana sebelumnya, proses penerimaannya akan dilakukan setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

‎"Sudah finalisasi, untuk formasi (CPNS). Nanti kita umumkan secara terbuka. Doakan saja supaya cepat," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Formasi 220 Ribu CPNS?

Menurut Asman, pada tahun ini, jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS yang akan pensiun mencapai 220 ribu orang. Sehingga jumlah penerimaan CPNS tidak akan jauh dari angka tersebut.

"Yang pensiun 220 ribu, berapa yang akan diumumkan ya tunggu saja. Karena kan pedomannya tetap jumlah yang pensiun," kata dia.

Sementara untuk posisi yang akan dibuka, Asman menyatakan pada tahun ini akan diprioritaskan untuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Hal tersebut mengingat kebutuhannya cukup besar, khususnya di daerah.

"Itu prioritas, tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.