Ingin Belajar Soal Pasar Modal? Coba di Sini

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 25 Jun 2018, 13:47 WIB
Akhir tahun 2017, IHSG Ditutup di Level 6.355,65 poin

Liputan6.com, Jakarta - The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) kembali memberikan inovasi dan gebrakan baru di bidang edukasi pasar modal dengan platform digital, yaitu eClass, kelas online untuk Pendidikan dan Sertifikasi Profesi Pasar Modal Indonesia dan Sekolah Pasar Modal (SPM).

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Nicky Hogan menyebutkan, TICMI sengaja mengeluarkan sistem pembelajaran online itu untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin belajar hingga memiliki sertifikasi profesi di pasar modal Indonesia.

"Sekolah pasar modal online bisa tambah jumlah investor efektif. Sekolah pasar modal wajibkan peserta buka rekening minimal Rp100 ribu," ujar dia di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (25/6/2018).

Menurutnya, dengan menggencarkan sekolah pasar modal seperti itu, maka dapat menambah jumlah investor baru di pasar modal hingga 1.000 orang tiap bulan.

Untuk dapat mengikuti pendidikan dan sertifikasi pasar modal Indonesia secara online, masyarakat cukup melakukan pendaftaran akses melalui elearning.ticmi.co.id.

Untuk dapat mengikuti sekolah pasar modal secara online, pendaftaran bisa dilakukan dengan mengakses sekolahpasarmodal.idx.co.id. Layanan ini dapat diakses dengan menggunakan komputer, laptop, tablet, hingga smartphone, sepanjang waktu dan dari mana saja sepanjang terdapat akses internet yang memadai.

"Nah dengan ada online terlebih lagi enggak dibatasi tempat dan waktu. Sekolah online bisa Sabtu dan Minggu, malam hari bisa dengan daftar edukasi online," terang Nicky.

 

2 of 2

MeetMi

Akhir tahun 2017, IHSG Ditutup di Level 6.355,65 poin
Pekerja tengah melintas di bawah papan pergerakan IHSG di BEI, Jakarta, Jumat (29/12). Karena hal tersebut, Jokowi memberi apresiasi kepada seluruh pelaku industri maupun otoritas pasar modal. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain meluncurkan eClass, dalam kesempatan kali ini TICMI juga meluncurkan MeetMi yang merupakan sebuah Smart & Creative Space.

Lalu, TICMI juga telah meluncurkan digital assistant SONYA dengan menggunakan platform messenger Telegram melalui alamat @sonyaticmibot yang dapat menjawab berbagai macam pertanyaan para pengguna terkait dengan produk dan layanan yang diberikan TICMI secara khusus dan informasi-informasi pasar modal Indonesia pada umumnya.

Platform digital lainnya yang telah dikembangkan oleh TICMI adalah Kampung Pasar Modal (KPM) yaitu portal yang merupakan pusat informasi pasar modal Indonesia yang terintegrasi dan dapat diakses oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia kapanpun dan dimanapun.

Dalam beberapa tahun ini, TICMI telah mengembangkan berbagai macam platform digital seperti Ruang Informasi Digital TICMI (RIDMI) yang merupakan sebuah perpustakaan digital yang menyediakan e-book, data-data pasar modal dan referensi.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel di sini dan ikuti Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait