Tahun Ajaran Baru Dimulai, Ini Pilihan Pinjaman Pendidikan Bunga Murah

Oleh Fitriana Monica Sari pada 26 Jun 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 28 Jun 2018, 07:13 WIB
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beri Pinjaman Uang

Liputan6.com, Jakarta - Setelah libur panjang lebaran usai, kini datang musim kembali ke sekolah. Promo back to school ada di mana-dimana: di mall, toko retail, toko buku, toko sepatu, orang tua harus siap-siap mengantarkan putra-putrinya kembali ke sekolah.

Bersamaan dengan kembalinya anak-anak ke sekolah, sejumlah kewajiban keuangan sudah menanti untuk dibayarkan. Sebut saja uang tahun ajaran baru. Jika di sekolah dasar, dananya bisa mencapai dua hingga tiga juta rupiah. Jika di taman kanak-kanak, jumlahnya juga tidak kecil: bisa mencapai satu juta rupiah.

Ini belum termasuk keperluan lainnya. Seperti uang pembelian buku tahun ajaran baru yang jumlahnya tidak kecil hingga Rp 1 juta, untuk siswa sekolah dasar. Jumlahnya akan bertambah jika sudah di level SMP atau SMA.

Belum lagi harus mengganti seragam sekolah yang lama dengan seragam baru karena seragam lama sudah kusam atau ukurannya sudah tidak muat lagi dengan ukuran badan anak.

Sebagai orang tua yang sadar keuangan, tentu sebagian kebutuhan keuangan tersebut sudah disiapkan dari jauh hari. Namun berhubung kebutuhan dana pendidikan bertabrakan dengan kebutuhan lebaran, persiapan dana untuk tahun ajaran baru terganggu dengan kebutuhan lebaran. Akibatnya, kebutuhan dana tahun ajaran baru di sekolah jadi berkurang.

Baca juga: Promo kartu kredit terbaru 2018 untuk dining, belanja, dan lainnya

Jika Anda masih membutuhkan dana pendidikan untuk tahun ajaran baru sekolah, sebaiknya tidak memilih pinjaman cepat yang disediakan sejumlah penyedia pinjaman berbasis aplikasi. Sebab bunga yang ditawarkan terlalu tinggi. Umumnya bunganya dihitung harian, sehingga jika dihitung secara bulanan bisa mencapai 30 persen per bulan. Tinggi banget, ya.

Lebih baik Anda mengajukan pinjaman yang disediakan bank atau di situs pihak ketiga seperti situs HaloMoney.co.id. Bunga pinjaman dari bank masih terbilang wajar. Selain bunganya juga masih wajar, prosesnya cukup mudah dan tidak kalah cepat daripada pinjaman online cepat cair.

Selain itu, jangan malas untuk membandingkan agar Anda mendapatkan produk terbaik dan termurah sesuai kemampuan finansial Anda.

2 of 4

Pilihan Pinjaman Pendidikan Bunga Rendah 2018

Pinjamkan Uang ke Teman? Ini 4 Aturan yang Tak Boleh Kamu Langgar
ilustrasi pinjam uang. | via: nextavenue.org

Berikut ini sejumlah pilihan pinjaman pendidikan online 2018 yang bisa Anda pertimbangkan jika Anda membutuhkan tambahan dana pendidikan. Semua pinjaman ini merupakan produk pinjaman tanpa agunan dari bank dengan bunga kurang dari 1 persen per bulan, seperti disarikan oleh situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id.

1. KEB Hana Bank

KEB Hana Bank merupakan salah satu penyedia pinjaman online cepat cair 2018 dengan tawaran bunga yang cukup menarik, yakni 0,95 persen per bulan tanpa syarat jumlah pinjaman tertentu. Dalam setahun, bunganya tak sampai 12 persen atau tepatnya 11,76 persen.

Jika dokumen lengkap, proses pinjamanmu sekitar 10 hari kerja. Dananya bisa Anda gunakan untuk kebutuhan pendidikan anak untuk semua jenjang pendidikan.

Berikut ini spesifikasinya:

- Pinjaman tersedia mulai Rp 5 juta sampai Rp 200 juta.

- Periode cicilan sampai 36 bulan.

- Penghasilan nasabah minimal Rp 3,5 juta per bulan.

- Ajukan di situs HaloMoney.co.id dengan bunga spesial 0,95 persen per bulan.

- Nasabah adalah pegawai tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun.

- KTA Bank Hana tidak mensyaratkan nasabah memiliki kartu kredit, namun cukup memiliki cicilan yang sedang berjalan seperti cicilan rumah atau kendaraan.

- Pengajuan dapat melalui HaloMoney.co.id.

Baca juga: Pinjaman KTA Tanpa Syarat Kartu Kredit

3 of 4

2. KTA Bank CTBC Indonesia

Ilustrasi Bank
Ilustrasi Bank

Bank CTBC Indonesia menyediakan Kredit Tanpa Agunan untuk karyawan, profesional maupun wiraswasta dengan pagu atau limit kredit mulai Rp 5 juta hingga Rp 200 juta atau sekitar 8 kali penghasilan bulanan.

Dana pinjaman tanpa jaminan dari Bank CTBC Indonesia ini, bisa Anda gunakan untuk dana pendidikan si kecil. Proses pinjaman sekitar lima hingga 7 hari setelah berkas lengkap diterima bank.

Informasi lainnya sebagai berikut:

- Pendapatan minimal Rp 2,5 juta per bulan (Jabodetabek) dan Rp 2,1 juta (luar Jabodetabek).

- Peminjam belum memiliki histori pinjaman, penghasilan minimal Rp 5 juta/bulan.

- Nasabah punya telepon fix line kantor dan memiliki histori pinjaman di bank lain yang sedang berjalan.

- Periode pinjaman atau tenor disediakan hingga 60 bulan atau 5 tahun.

3. KTA Bank DBS

Proses pinjaman dari Bank DBS relatif cepat, yakni hanya dua hari sejak berkas diterima bank. Plafond pinjaman hingga Rp 300 juta. Dananya bisa Anda gunakan untuk keperluan apapun, termasuk dana pendidikan.

Berikut ini detailnya:

- Memiliki plafon mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 300 juta.

- Tenor atau masa pelunasan hingga 3 tahun.

- Menggunakan suku bunga ringan mulai 0,88 persen per bulan dengan jumlah pinjaman tertentu.

- Pinjaman ini khusus bagi warga Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

- Pengajuan dapat melalui HaloMoney.co.id.

4 of 4

4. KTA Standard Chartered

Cara Mudah Pilih Produk Keuangan Secara Online
Berdasarkan data OJK Maret 2015, ada 122 produk kartu kredit, 27 produk Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan 95 produk KPR.

Pinjaman online dari Standard Chartered Indonesia juga relatif cepat, yakni hanya dalam waktu tiga hingga lima hari kerja setelah aplikasi lengkap diterima bank. Nilai pinjaman mulai Rp 5 juta hingga Rp 300 juta.

Informasi detailnya sebagai berikut:

- Tenor pinjaman hingga empat dan lima tahun khusus bagi karyawan.

- Minimum pendapatan karyawan sebesar Rp 13,5 juta per bulan.

- Pinjaman ini diutamakan bagi karyawan, wiraswasta, dan profesional di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

- Peminjam telah memiliki kartu kredit.

- Bunga 0,98 persen untuk pengajuan yang disetujui di atas Rp 125 juta.

- Pengajuan dapat melalui HaloMoney.co.id.

Itulah beragam pilihan pinjaman pendidikan 2018 dengan bunga wajar di bawah 1 persen per bulan. Sekarang giliran Anda menentukan pilihan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by