Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia, Oprah Winfrey Kantongi Harta Rp 56 Triliun

Oleh Bawono Yadika pada 24 Jun 2018, 20:10 WIB
Diperbarui 26 Jun 2018, 19:13 WIB
[Bintang] Oprah Winfrey

Liputan6.com, New York - Pembawa acara talkshow terkenal Oprah Winfrey resmi tercatat sebagai salah satu dari 500 orang terkaya di dunia sejak 1 Januari 2018 lalu. Adapun kekayaan bersih Winfrey berhasil tumbuh sebesar USD 420 juta dan total terhitung menjadi USD 4,2 miliar atau Rp 56 triliun (1 USD=Rp 14.071). Data ini berdasarkan laporan dari Bloomberg Billionaires Index

Melansir dari laman CNBC, Winfrey merupakan pengusaha wanita berkulit hitam pertama yang berhasil masuk dalam daftar 500 orang terkaya dunia tersebut. Kekayaanya bahkan hampir setara dengan pebisnis terkenal yaitu John Paul DeJoria sebesar USD 4,4 miliar, dan juga investor Mark Cuban sebesar USD 4,8 miliar. 

Salah satu peningkatan kekayaan yang dikantongi Winfrey berasal dari investasinya di perusahaan Weight Watchers. Pada tahun 2015, dia berinvestasi sebesar USD 43 juta di perusahaan tersebut dengan kepemilikan saham perseroan sebesar 10 persen. Meski saham dia di perseroan kini turun menjadi 8 persen, investasi itu tetap menguntungkan Winfrey. Saham pada perusahaan inilah yang pada akhirnya secara drastis meningkatkan kekayaan wanita berkulit hitam ini menjadi USD 4 miliar. 

Tak hanya itu, ia juga selama bertahun-tahun memiliki saham di real estate. Dia membayar sebesar USD 50 juta untuk sebuah mansion mewah di California yang sekaligus menjadi tempat tinggal utamanya kini. Ia juga membeli sebuah lahan ski kecil seharga USD 14 juta serta rumah di Washington baru-baru ini seharga USD 8 juta.

2 dari 2 halaman

Sejarah hidup Oprah Winfrey

Oprah Winfrey
Oprah Winfrey (Instagram/@oprahwinfrey)

Lahir dari keluarga miskin, Winfrey sering kali berpindah-pindah tempat untuk memperoleh penghidupan yang layak. Kepindahannya ke Nashville, Tennessee saat ia berusia 14 tahun mengubah hidupnya dimana ia berhasil diterima masuk SMA dan juga bersekolah di Perguruan Tinggi Tennessee State University. 

Belum sempat menikmati momen kelulusan, Winfrey diketahui memutuskan untuk keluar dari bangku kuliah pada tahun 1976 untuk mengejar impianya bekerja di Media. Tak disangka, keputusan inilah yang mengantarkanya pada gudang kesuksesan dimana ia berhasil menjadi pembawa berita berkulit hitam pertama sebelum berumur 20 tahun di tv lokal di Nashville. 

Singkatnya, karier inilah yang kemudian membawa Winfrey pada banyak penghargaan yang ia terima sekaligus tawaran dari banyak produksi film. Hingga pada tahun 2018 ini, usai perayaan Golden Globe award, banyak masyarakat dan aktivis kemanusiaan yang mengusungnya untuk menjadi Presiden Amerika Serikat di 2020 nanti. 

Sayangnya, ia berujar bahwa dirinya tidak memiliki ketertarikan khusus untuk terlibat dalam dunia perpolitikan melainkan fokus pada dunia amal dan juga media yang berhasil menobatkan dirinya sebagai jutawan di tahun 2003 silam. 

Lanjutkan Membaca ↓