Sukses

Mendag: Harga Daging Sapi Bakal Turun Usai Lebaran

Mendag Enggartiasto Lukita optimistis harga daging sapi yang sempat melonjak akan kembali turun pasca Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengklaim harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok (bapok) terkendali selama puasa dan Lebaran 2018. Hal ini berdasarkan hasil pantauan langsung di beberapa pasar rakyat di Bandung, Denpasar, Banyuwangi, Surabaya, Kupang, Cirebon, Palangkaraya, Palu, Kendari, dan Makassar.

“Pada periode puasa dan Lebaran 2018, secara keseluruhan semua bapok tersedia," ujar dia dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (22/6/2018).‎‎‎

Stabilnya harga dan ketersediaan bahan pokok menjelang puasa 2018, diakui Enggartiasto, terlihat dalam tingkat inflasi umum dan inflasi kelompok bahan makanan nasional pada Mei 2018 yang masing-masing sebesar 0,21 persen.

Angka tersebut lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu inflasi umum sebesar 0,39 persen dan inflasi kelompok bahan makanan 0,86 persen.

“Semua harga terkendali dan tidak ada lonjakan yang berarti, kecuali harga daging ayam akibat berkurangnya pasokan dan daging sapi yang sempat naik akibat peningkatan permintaan yang sangat signifikan terutama pada H-2 dan H-1 Lebaran,” kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersifat Sementara

‎Terkait dengan lonjakan harga daging sapi segar jelang Lebaran, Enggartiasto menyatakan sifatnya hanya sementara. Dia memperkirakan harga akan kembali ke tingkat normal pasca Lebaran.

Dia mengungkapkan, Kementerian Perdagangan akan terus memantau dan mengawasi secara intensif terkait dengan kenaikan komoditas tersebut.

‎"Untuk mengatasi kenaikan harga daging ayam, Kemendag telah mengeluarkan kebijakan harga khusus, baik di pasar rakyat maupun toko swalayan yang bervariasi untuk setiap wilayah. Sementara untuk daging sapi segar, kenaikan harganya hanya bersifat sementara dan diperkirakan akan kembali normal pasca Lebaran,” tandas dia.‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.