Sukses

Berubah Pikiran Ambil KTA dan Berniat Membatalkan? Ini Caranya

Bisakah pengajuan KTA dibatalkan?

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda memutuskan untuk mengajukan KTA, pasti yang Anda pikirkan adalah bagaimana mendapatkan pencairan dananya secepat mungkin, sehingga kebutuhan mendesak segera terpenuhi.Jangka waktu pencairan yang biasanya memakan waktu lebih dari sehari, mulai dari 4 hingga 14 hari untuk KTA offline, dan hanya 2 x 24 jam untuk KTA online.

Saat menunggu konfirmasi pencairan KTA tersebut, mungkin membuat Anda putar haluan alias berubah pikiran seketika itu ingin membatalkannya. Ada beberapa alasan mengapa ada orang yang semula menginginkan kucuran dana segar, kemudian berubah haluan ingin membatalkan, diantaranya:

- Dalam rentang waktu masa tunggu, ternyata dana yang dibutuhkan sudah terpenuhi dari pihak lain

- Ada tawaran KTA dari pihak lain yang lebih menarik

- Bank menyetujui nilai pinjaman terlalu rendah dari pengajuan awal

- Tidak lagi memerlukan dana tunai

Faktor-faktor tadi bisa jadi pemicu kegalauan hingga berujung pada keputusan pembatalan pengambilan KTA yang semula diidam-idamkan. Nah, yang jadi pertanyaan adalah bisakah pengajuan KTA dibatalkan dengan serta merta?

Tentu ini tidak bisa serta merta dengan mudah langsung terjawab. Sebab Anda perlu menilik ulang, apakah saat pembatalan itu dilakukan sebelum (pra) dana dicairkan atau sesudah (pasca) dana dicairkan.

Lalu, bagaima cara membatalkan pengajuan pinjaman KTA? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut langkah-langkahnya:

Cara Membatalkan KTA Sebelum Dana Cair

Tiap bank biasanya memiliki prosedur yang berbeda-beda dalam hal pembatalan pencairan. Prosedur yang dimaksud tak bisa digeneralisasi menjadi kebijakan umum semua bank, karena masing-masing memiliki kebijakan tersendiri.

Berikut langkah-langkah pembatalan KTA sebelum dana cair:

- Datang langsung ke bank yang mencairkan pengajuan KTA

- Konsultasikan dan bertanya dengan tetap mengontrol diri dengan baik

- Dapatkan informasi sejelas-jelasnya

- Membuat surat pernyataan pembatalan secara tertulis dengan dibubuhi materai. Isinya mencakup identitas Anda seperti saat Anda mendaftar, pada hari dan tanggal berapa, identitas jelas si petugas bank serta jabatannya, dan juga stempel sebagai bukti kuat bahwa surat itu sudah diketahui bersama.

- Mintalah kuitansi penerimaan untuk keperluan arsip Anda. Jika Anda rasa perlu, boleh Anda foto sebagai soft copy di file gambar smartphone Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membatalkan KTA Setelah Dana Cair

Untuk kasus ini, tampaknya tak semudah yang membatalkan pengajuan KTA sebelum dana cair. Sebab sejumlah uang yang diajukan sudah Anda terima. Dan skema yang disepakati bersama pun sudah berjalan.

Aturan bersama meliputi perjanjian yang ditandatangani kedua belah pihak dan mengikuti ketentuan yang berlaku, seperti jumlah pinjaman, jangka waktu penyelesaian pinjaman, bunga yang ditetapkan, biaya administrasi, denda keterlambatan pembayaran, dan biaya penalti untuk pelunasan dipercepat.

Dengan alasan apapun dan selihai apa Anda berretorika, pihak bank akan acuh saja sebab ada hitam di atas putih yang sudah kuat di mata hukum.

Tidak ada pembatalan. Lalu bagaimana bisa dibatalkan? Apakah sudah final?Satu-satunya cara adalah dengan melunasinya secara langsung. Dan tentu ini menyangkut konsekuensi di balik itu.

Biasanya langsung akan ditetapkan biaya penalti pelunasan dipercepat, rata-rata untuk bank sebesar 5% dari pinjaman, belum termasuk biaya adminsitrasi pelunasannya. (Baca Juga: Cara Memilih KTA yang Bagus, Pilih KTA Online)

3 dari 3 halaman

Jangan Pernah Lakukan Pembatalan KTA Melalui Call Center

Sudah paham bagaimana cara pelunasan sebelum dan sesudah dana cair bila Anda berubah haluan untuk membatalkan KTA? Sebaiknya pembatalan juga tak dilakukan melalui call centre, tapi lebih baik mendatangi bank secara langsung sehingga bisa ditindak lanjuti saat itu juga.

Lebih jauh lagi sebelum ini terjadi, jangan segan untuk mempelajari segala bentuk prosedur saat pengajuan dan tanyakan kepada pihak bank seperti apa skema yang mereka siapkan seandainya terjadi pembatalan. (Baca Juga: Sebelum Mengajukan KTA, Ketahui Dulu Biaya-Biaya Ini)

Bijaklah Memanfaatkan KTA

Perlu diingat, permohonan pengajuan KTA tetaplah utang instan yang memerlukan konsekuensi. Pikirkan masak-masak sebelum Anda memutuskannya. Jika bisa, tak ada salahnya untuk berdiskusi dengan anggota keluarga mengenai alasan utama Anda meminjam dana KTA.

Pembatalan yang dilakukan pra maupun pasca pencairan ada konsekuensi yang harus ditanggung. Tapi, lebih cermat dalam menghasilkan keputusan pastinya akan memberikan dampak yang lebih positif. Jadi, bijaklah memanfaatkan KTA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.