Mulai Hari Ini, KA Bandara Soekarno Hatta Beroperasi dari Stasiun Bekasi

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 19 Jun 2018, 08:30 WIB
Diperbarui 21 Jun 2018, 08:13 WIB
Kereta Bandara Mulai Beroperasi

Liputan6.com, Jakarta PT Railink mulai hari ini mengoperasikan Kereta Api (KA) Bandara Soekarno Hatta (BSH) dari Stasiun Bekasi. Sebelumnya, kereta bandara ini hanya beroperasi dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City) ke Stasiun Bandara Soetta.

Direktur Utama Railink Heru Kuswanto mengatakan pengoperasian KA Bandara dari Stasiun Bekasi ini telah melalui serangkaian uji coba.

"Uji Coba Operasi KA BSH ke dan dari Bekasi ini berlaku untuk masyarakat umum dan berbayar, dimulai pada hari Selasa 19 Juni 2018," kata Heru kepada wartawan, Selasa (19/6/2018).

Adapun jadwal operasi di Bekasi di luar jam sibuk KA KRL Commuter Line Bekasi, yaitu di atas jam 09.00 WIB sampai dengan sebelum jam 16.00 WIB.

Mengenai tarif, sebenarnya Railink mematok tarif Rp 100 ribu per orang untuk rute Bekasi-Bandara Soetta. Namun pihaknya masih memberlakukan tarif promo yang berlaku mulai 19 Juni hingga akhir Juni 2018 sebesar Rp 70 ribu per orang

Srbelumnya, Heru menjelaskan, perpanjangan layanan hingga ke Bekasi ini tujuannya untuk meningkatkan layanan masyarakat di wilayah Bekasi dan sekitarnya dalam perjalanan ke Bandara.

Selain meningkatkan layanan masyarakat, dengan bertambahnya rute kereta bandara, juga akan meningkatkan tingkat keterisian kereta itu sendiri.

"Rute awal KA BSH ini Manggarai-BSH, namun pembangunan Manggarai belum akan selesai dalam waktu dekat, sementara waktu kita butuh titik lain yang aksesnya bagus. Kita mulai dari Bekasi saja dengan banyak pertimbangan," papar dia. 

2 of 2

Puncak Arus Mudik 2018, Kereta Bandara Diserbu Penumpang

Kereta Bandara Mulai Beroperasi
Rangkaian kereta Bandara Soekarno-Hatta yang mulai beroperasi memasuki peron stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12). Pada 2 Januari, kereta bandara Soekarno Hatta akan diberlakukan tarif normal yaitu Rp 70.000. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Memasuki bulan ke-6 beroperasinya Kereta Api (KA) Bandara Soekarno Hatta yang juga bertepatan dengan masa angkutan mudik Lebaran 2018, terjadi lonjakan volume penumpang yang signifikan.

Direktur Operasional & Teknik PT Railink Porwanto Handry Nugroho menjelaskan, pada musim mudik Lebaran tahun ini menjadi pengalaman pertama Railink dalam melayani para pemudik pasca diooperasikannya KA Bandara.

“Geliat angkutan mudik lebaran mulai terlihat nyata dengan meningkatnya penumpang KA Bandara hingga lebih dari 5000 orang per hari” tegas Porwanto kepada wartawan, Sabtu (9/6/2018).

Menurutnya, hal ini merupakan bukti nyata bahwa masyarakat sudah semakin mengenal KA Bandara sebagai salah satu alternatif moda transportasi menuju bandara di masa angkutan mudik Lebaran 2018.

“Kami selaku operator KA Bandara Soekarno Hatta terus berupaya memberikan dan meningkatkan pelayanan terbaik bagi penumpang KA Bandara dan juga untuk mendukung lancarnya masa angkutan mudik Lebaran 2018 ini,” imbuh Porwanto.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by