Sukses

Pemudik Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan Capai 30.900 Orang

Untuk lonjakan kedatangan penumpang arus balik di Terminal Kampung Rambutan akan terjadi pada dini hari nanti.

Liputan6.com, Jakarta Arus balik di Terminal Kampung Rambutan terjadi pada hari ini, Senin (18/6) hingga Selasa (19/6) besok. Bahkan, dari data petugas di lapangan arus balik sudah terlihat pada Minggu kemarin, mencapai 17.492 penumpang dari total 691 bus kedatangan.

"Kalau puncak arus balik diprediksikan itu hari ini tanggal 18 sampai tanggal 19. Tapi mulai dari kemarin Minggu itu data kami sudah mencapai 17.000-an orang. Kami melihat bahwa para masyarakat itu yang sudah kembali ke daerah," ujar Pelaksana Harian, Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winata saat ditemui di Lokasi posko arus mudik, Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (18/6/2018).

"Mayoritas yang sudah kembali ke Jakarta itu dari daerah daerah seperti Bandung, Sukabumi, Bogor itu jarak pendek. Jarak menengah itu sama diprediksikan tanggal 18-19. Hari ini sampai besok," lanjut Thofik.

Thofik mengatakan, untuk lonjakan kedatangan penumpang sendiri akan terjadi pada dini hari nanti. Sebab, sebagian besar masyarakat memilih perjalanan pada malam hari.

"Puncak arus balik nanti akan terjadi pada dini hari. Kita akan antisipasi akan ada petugas keamanan yang bersedia di zona kedatangan itu sekitar pukul 03.00 WIB sampai dengan 04.00 WIB. Memang mayoritas kebanyakan itu datengnya banyak jam segitu karena masyarakat memilih perjalanan malam," terangnya.

Sementara itu, hingga saat ini pihaknya telah mencatat total arus balik yang terjadi di Terminal Kampung Rambutan sejak H+1 Lebaran mencapai 30.900 penumpang.

"Sampai angka saat ini (arus balik), sampai saat ini yang terdata di kita itu 30.900 orang yang tercatat untuk arus balik. Itu dari penumpang seperti dari jarak pendek. Itu data yang sudah ada per hari ini," jelasnya.

Meski puncak arus balik diprediksi terjadi hari ini, namun tidak menutup kemungkinan arus balik ke dua juga akan terjadi. Mengingat pada H+1 dan H+2 Lebaran sejumlah pemudik masih ada yang berangkat melalui Terminal Kampung Rambutan untuk ke kampung halamannya.

"Arus balik yang kedua nanti akan secara berangsur. Artinya tidak secara berbarengan. Sampai sekarang, hari ini untuk pemudik juga masih ada sampai hari ini didata kami ada 26 ribu. Jadi tetap diprediksi arus baliknya didua hari ini karena tanggal 21 itu ada yang sudah mulai masuk bekerja jadi kita tetap antisipasi pos keamanan di sini sampai tanggal 24," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Arus Balik, Menhub Imbau Masyarakat Tak Pergi di Dua Tanggal Ini

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menghimbau masyarakat untuk tidak kembali ke Jakarta pada 19 dan 20 Juni 2018. Kedua hari tersebut diprediksi sebagai puncak arus balik.
 
"Saya anjurkan tidak melakukan (balik) pada 19-20 Juni. Lakukan sebelum atau setelahnya," katanya seperti dikutip Senin (18/6/2018).
 
Dia pun memastikan Kemenhub akan bekerja sama dengan Korlantas Polri berupaya melakukan berbagai rekayasa lalu lintas agar arus balik dapat berjalan dengan lancar.
 
"Rekayasa lalin (lalu lintas) dari Korlantas, satu pasti me-manage gerbang tol. Kedua ilmunya adalah contra flow," ujarnya.
 
Selain itu, dia menyatakan pelayanan di berbagai fasilitas tempat istirahat akan ditingkatkan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang kembali dari kampung halaman.
 
"Titik yang di-improve tempat istirahat untuk berhenti," tandasnya.
 
Reporter: Wilfridus Setu Umbu
Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini