Sukses

Cara Hindari Bangkrut Sebelum Akhir Bulan

Banyak orang merasa bahwa gaji yang mereka dapat belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan sepanjang bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang merasa bahwa gaji yang mereka dapat belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan sepanjang bulan. Setiap tengah bulan kadang saldo di tabungan sudah nol.

Namun jika dilihat sebenarnya hal tersebut tidak seluruhnya benar. Perlu dilihat lagi apakah memang gaji Anda yang tidak cukup memenuhi kehidupan sehari-hari atau sebaliknya, Anda terlalu boros.

Dikutip dari pulse, berikut ini cara agar gaji Anda bisa cukup sampai akhir bulan:

Buat Anggaran

Setelah Anda megetahui berapa pendapatan dalam satu bulan segeralah untuk membuat anggaran bulanan. Pangkas seluruh kebutuhan yang tidak diperlukan.

Bagi gaji sesuai dengan pos

Setelah menyortir kebutuhan sesuai dengan keperluan langkah selanjutnya adalah memisahkan uang sesuai dengan pos. Masukkan uang untuk keperluan sehari-hari dalam rekening belanja dan pisahkan dengan rekening simpanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berhenti membawa kartu kredit

Kadang kala kartu kredit sangat membantu di saat dibutuhkan. Tetapi kadang kartu kredit juga bisa menjadi racun karena Anda bisa menggesek sesukanya. Oleh karena itu tiinggalah kartu kredit di rumah saja.

Disiplin

Terakhir adalah disiplin. Jangan sampai seluruhnya sudah Anda buat mulai dari angagran, membagi-bagi rekening dan meninggalkan kartu kredit di rumah tetapi Anda tidak bisa berdisiplin dan akhirnya jebol juga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.