Sukses

Pemudik Masih Padati Terminal Kampung Rambutan pada H+2 Lebaran

Jumlah angkutan bus Lebaran keberangkatan dari Terminal Kampung Rambutan mencapai 4.828 penumpang dari 175 bus.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Terminal Kampung Rambutan mencatat jumlah angkutan bus Lebaran keberangkatan dari Terminal Kampung Rambutan pada Minggu (17/6/2018) mencapai 4.828 penumpang dari 175 bus yang diberangkatkan.

Angka tersebut dihimpun berdasarkan data dari petugas di lapangan pada shift satu. Yakni terhitung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB siang ini.

Petugas Harian, Terminal Kampung Rambutan Thofik Winata mengungkapkan, jumlah penumpang atau pemudik tersebut pada hari ini menurun bila dibandingkan pada Sabtu 16 Juni 2018.

"Kalau hari ini sudah berangsur berkurang untuk mudik, yang kemarin mungkin masih banyak. Mayoritas penumpang untuk yang mengarah jalur pendek seperti ke Sumedang, Banjar, dan Tasik," ujar dia saat di temui di posko mudik Terminal Kampung Rambutan, Jakarta.

Sementara dari pantauan merdeka.com, bila dilihat data angkutan Lebaran pada Sabtu kemarin mencapai 8.145 penumpang dari 217 bus yang diberangkatkan. Angka tersebut berdasarkan perhitungan di waktu yang sama yakni shift satu.

Sentara itu, jumlah kedatangan bus yang tiba di Terminal Kampung Rambutan justru meningkat pada shift satu bila dibandingkan Sabtu kemarin. Tercatat pada hari ini jumlah bus yang tiba di Terminal Kampung Rambutan sebanyak 356 bus, dari 8.924 penumpang. Sedangkan pada Sabtu kemarin, tercatat 265 bus dari total 3.432 jiwa.

"Mayoritas sekarang sudah mulai kelihatan itu justru arus balik," kata dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan Diprediksi pada 18-19 Juni

Pelaksana Harian Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winata memprediksi arus balik yang terjadi di Terminal Kampung Rambutan akan terjadi pada 18 hingga 19 juni 2018. Hal tersebut menurut dia, lantaran hingga hari ini sudah mulai terjadi pergerakan pada arus balik.

"Mungkin kurang lebih itu diprediksikan hari Senin atau Selasa nanti. Tanggal 18-19, karena dilihat dari situasinya sekarang ini sudah mulai keliatan," ujar dia saat ditemui di posko mudik Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu 17 Juni 2018.

Pada arus balik akhir pekan ini, Thofik mengatakan sudah tercatat sebanyak 60.000 orang. Sedangkan jumlah bus yang masuk kurang lebih mencapai 6.000 kendaraan.

"Dan sekarang sudah mulai kelihatan itu justru yang arus balik untuk jalur dekat seperti Jawa barat. Untuk arus balik sampai dengan hari ini 67.111 orng untuk H+2 ini. Kalau bus sekitar 6.376," ujar dia.

Thofik mengatakan, sebagai antisipasi pada puncak arus balik di Terminal Kampung Rambutan, pihaknya akan menyiapkan berbagai kendaraan terintegrasi antar kota untuk memudahkan para pemudik. Jam operasi pada kendaraan-kendaraan tersebut akan ditambah guna melayani pemudik yang hendak kembali.

"Untuk kesiapan kita seperti di dalam kota sudah ada angkutan terintegrasi di antar kota. Begitu penumpang tiba malam hari kita siapkan namanya Amari, atau angkutan malam hari seperti bus reguler mayasari metromini dan angkot angkot kecil," kata dia.

"Dan di luar itu kita juga menyiapkan Andini, angkutan dini hari. Yang disiapkan oleh Trans Jakarta itu terintegrasi dari mulai Kampung Rambutan sampai ke Lebak Bulus, Kampung Melayu dan Harmoni. Tapi penumpang itu kebanyakan dilayani sampai ke PGC nanti kemudian bisa transit kembali," sambung Thofik.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.